Dorong Upaya Preventif, Kejati Sulselbar Kawal 6,6 Triliun Uang Negara

INFONAWACITA.COM– Kejaksaan Tinggi Sulselbar berhasil mengawal penggunaan anggaran pemerintah yang totalnya mencapai Rp.6,6 triliun lebih. Keberhasilan ini karena semenjak 2015 Kejati Sulselbar tidak lagi hanya menjadi penindak dalam kasus korupsi.

Akan tetapi upaya preventif dan persuasif juga menjadi hal utama.

Berdasarkan rilis yang diterima Infonawacita.com pada Jumat (21/7) Kejati Sulselbar menjelaskan semenjak terbentuknya Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan (TP4) pada Oktober 2015 lalu Kejati Sulselbar  telah mendampingi 99 kegiatan pemerintah daerah.

Terdapat 24 instansi Pemda yang dikawal selama Oktober 2015 sampai dengan Juli 2017. Upaya preventif yang dilakukan sepanjang 2 tahun lebih itu pun telah berhasil mengawal penggunaan anggaran sebesar Rp.6,6 Triliun lebih.

“Tim TP4 Daerah Kejaksaan Tinggi Sulawesi memang telah melakukan pedampingan terhadap 99 kegiatan yang terdapat di 24 instansi pemerintah/BUMN/BUMD di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat, jumlah total anggaran yang dikawal sebesar Rp. 6.6 triliun lebih,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Sulselbar Jan S. Maringka.

Pada semester I tahun 2017 saja ada 126 kegiatan yang didampingi oleh Kejati Se-Sulselbar dengan total anggaran mencapai Rp.1,1 triliun lebih. “Angka tersebut memang menunjukkan kenaikan signifikan dari jumlah pendampingan di seluruh Kejaksaan Negeri se-Sulselbar  pada tahun 2016 sebesar 142 kegiatan dengan total anggaran sebesar Rp. 713 Milyar,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Sulselbar Jan S. Maringka.