Dorong Produktivitas Pertanian, TNI Buka 5.000 Ha Lahan

INFONAWACITA.COM – Sebagai upaya membantu mendorong peningkatan produktivitas pertanian, TNI membantu membuka 5.000 hektare lahan pertanian yang tersebar di Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Demikian diungkapkan Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito. Menurut Ganip, TNI sangat bersyukur mendapatkan kepercayaan pemerintah ikut membantu membuka lahan. “Karena ini menjadi bukti peran nyata TNI di tengah masyarakat,” ujar Ganip, di Gorontalo, Jumat (13/1).

Ganip mengunjungi Gorontalo menghadiri serah terima jabatan Komandan Brigade Infanteri 22 Ota Manasa, selain juga bersilaturahmi dengan jajarannya. “Kegiatan pembukaan lahan pertanian untuk 2017 diharapkan merata di tiga wilayah di bawah Kodam XIII Merdeka,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gorontalo Utara, Roni Imran mengapresiasi peran TNI. “Ini bukti kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dengan TNI, dalam pengawasan penyaluran bantuan pertanian,” kata Roni. Menurutnya, distribusi bibit, pupuk, alat-alat pertanian bisa dilaksanakan dengan tepat sasaran berkat dukungan TNI, khususnya Koramil yang berada di setiap kecamatan.“Pemerintah daerah tentu ingin kerja sama ini terus berlangsung,” tambah Roni.

Pemerintah daerah, menurutnya, memiliki tugas pengawasan sektor pertanian dari hulu ke hilir. Artinya, tidak hanya meningkatkan pengawasan bantuan modal usaha pertanian kepada petani dalam bentuk bibit, pupuk dan lain-lain. Namun juga pengawasan harga pascapanen pun harus diperhatikan.

Ia berharap, kerja sama pemerintah daerah dan TNI akan semakin optimal, khususnya dalam meningkatkan produksi pertanian dan mendorong kesejahteraan petani di daerah itu.(AR/ANT)