Dilaporkan Fadli Zon, Ini Tanggapan Ananda Sukarlan

Ananda Sukarlan (foto: MI/Atet Dwi Pramadia)

INFONAWACITA.COM – Pianis Ananda Sukarlan dilaporkan oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon atas dugaan penyebaran berita hoaks. Atas hal itu, Ananda membantah telah menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian seperti yang dimaksud Fadli Zon.

Lewat kuasa hukum dari LBH GP Ansor yang telah ia tunjuk, Dendy Zuhairil Finsa menjelaskan, kliennya hanya mertweet cuitan yang dipermasalahkan oleh Fadli Zon dari @stlaSolo1.

Sehingga, kata Dendy, kliennya tidak memposting langsung foto seperti yang dimaksud oleh Fadli Zon.

“Dan bahkan klien kami juga tidak meretweet langsung. Akan tetapi, caption apa yang di retweet oleh akun lain,” kata Dendy seperti dikutip Suara.com pada Minggu (4/3/2018).

Hanya Meminta Konfirmasi

Sedangkan kultweet ‎Ananda tentang, “Nah loh, ini kayaknya butuh di-RT 58 x 100 kali deh, biar 58 persen itu lihat”, merupakan bentuk meminta konfirmasi mengenai kebenaran tweet tersebut.

“Dan yang tahu tentang kebenaran itu Pak Fadli Zon dan para pendukungnya,” ujarnya.

Dendy membantah dugaan bahwa ada hate speech atau ujaran kebencian, pencemaran nama baik, dalam postingan kliennya tersebut. Semua itu, kata Dendy, murni permintaan konfirmasi.

Oleh karenanya, lanjut Dendy, tidak ada unsur pelanggaran pidana baik Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) atau lainnya dari postingan kliennya di media sosial yang dituduh hoaks tersebut.

“Menurut kami, dalam postingan ‎yang diunggah Ananda Sukarlan, tidak ada unsur melawan hukum yang bisa menjerat bersangkutan,” pungkas Dendy. (DS/zh)