Difitnah dengan Isu SARA, Sri Sultan HB X Lapor ke Polda DIY

INFONAWACITA.COM – Sri Sultan Hamengku Buwono X melaporkan sebuah laman di internet yang memposting konten dengan mengatasnamakan dirinya ke Polda DIY, Rabu (19/4) sore. Dalam postingan itu, Sultan dituliskan berkomentar tentang sesuatu yang menyinggung isu SARA.

Berbatik cokelat, Sultan diterima oleh Kapolda DIY Brigjen Pol Drs Ahmad Dofiri Msi, saat tiba di Mapolda DIY. Walaupun sempat singgah di ruang Kapolda, Sri Sultan tetap menjalani prosedur sebagaimana masyarakat pada umumnya, mendatangi ruangan SPKT dan diperiksa di sana.

“Beliau ingin menunjukan walaupun sebagai Gubernur sekaligus Raja, Beliau juga tetap warga masyarakat yang punya hak dan ingin menunjukan kepada khalayak juga bahwa siapa pun sama di mata hukum. Beliau langsung bikin laporan bukan di ruangan saya melainkan di ruang SPKT,” jelas Kapolda di depan wartawan yang menunggu di lobi Mapolda DIY.

Sri Sultan menyatakan bahwa dirinya tidak pernah berbicara sebagaimana apa yang ditulis di laman tersebut. Sri Sultan tidak mau berkomentar lebih jauh dan menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk mengusutnya.

Dalam laman yang namanya sengaja dimiripkan dengan nama media nasional tersebut dituliskan bahwa Sri Sultan menyatakan etnis tertentu tidak pantas menjadi pemimpin di Bumi Nusantara. Hal inilah yang kemudian membuat Sultan marah karena merasa tidak pernah menyatakan hal tersebut.(AR)