Diancam Serangan Senjata Nuklir, AS Berharap Tiongkok Rayu Korut untuk Berhenti

INFONAWACITA.COM – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk membahas pengendalian program nuklir Korea Utara (Korut). AS berharap Tiongkok menggunakan pengaruhnya untuk “merayu” Korut agar mau menghentikan program senjata nuklirnya.

Pertemuan rencananya akan digelar akhir pekan ini. Demikian pejabat tinggi Gedung Putih menyampaikannya pada Selasa (4/4) waktu setempat. Dalam pernyataannya, pejabat tersebut mengatakan bahwa program nuklir Korut akan menguji hubungan baik AS – Tiongkok. Kedua presiden dijadwalkan akan bertemu pada Kamis atau Jumat pekan ini di Mar-a-Lago, Palm Beach, Florida, AS.

Pertemuan tersebut juga akan menjadi pertemuan pertama Trump dan Xi Jinping setelah Trump diangkat sebagai Presiden pada 20 januari lalu. “Kami ingin mencari jalan keluar secara bersama-sama terkait program nuklir Korut,” jelas pejabat tersebut.

Trump berharap Tiongkok dapat berbuat lebih dengan menggunakan pengaruh ekonominya terhadap Korut agar dapat menghentikan program nuklir tersebut. Namun, Beijing menganggap tindakan itu tidak akan berpengaruh besar untuk menghentikannya program nuklir Korut.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un sudah ancang-ancang akan menyerang Amerika Serikat (AS) dengan senjata nuklir yang mereka miliki. Seorang eks diplomat senior Korut yang telah membelot mengungkapkan hal itu dalam sebuah wawancara dengan televisi NBC, Senin (3/4). Thae Yong Ho, bekas wakil Duta Besar Korea Utara untuk Inggris menegaskan, pemimpin Korea Utara itu merasa kekuasaannya terancam AS.(AR)