Denmark Kagum dengan Capaian Berdemokrasi Indonesia di Bawah Kepemimpinan Presiden Jokowi

Sekretaris Negara untuk Kebijakan Pembangunan Denmark Martin Bille Hermann saat berbincang dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Open Government Partnership 2018 di Tbilisi, Georgia pada Senin lalu.

INFONAWACITA.COM – Sekretaris Negara Denmark kagum dengan pembangunan Indonesia saat ini khususnya saat dibawah kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi). Bagi Denmark, Indonesia saat ini telah berhasil menjalankan demokrasi dengan baik.

Hal tersebut langsung diungkapkan Sekretaris Negara untuk Kebijakan Pembangunan Denmark Martin Bille Hermann kepada Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Open Government Partnership 2018 di Tbilisi, Georgia pada Senin lalu.

Bagi Bille, Indonesia memang tidaklah asing. Selama dua tahun ia pernah bertugas di Jakarta saat menjabat Duta Besar Denmark untuk Indonesia. Bille mengaku kagum akan pencapaian proses berdemokrasi di Indonesia. “Selamat kepada pemerintahan Presiden Jokowi, yang berhasil menjalankan pesta demokrasi secara aman, dan menjaga pemerintahan tetap stabil,” pujinya.

Dalam obrolan santai itu, Martin dan Moeldoko juga mendiskusikan isu anti korupsi dan sistem demokrasi di Indonesia. Menurut Moeldoko, saat ini usaha pencegahan korupsi di Indonesia berkembang sangat pesat.  “Termasuk diantaranya usaha pendampingan KPK di daerah dan penguatan para inspektorat di lingkungan pemerintah daerah,” kata Moeldoko.

Kepala Staf Kepresidenan juga menyampaikan bahwa usaha menjaga demokrasi di Indonesia sampai saat ini berhasil dengan sangat baik. “Kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan pilkada serentak di 171 daerah dalam satu hari menjadi parameter yang amat jelas. Ini belum pernah terjadi di belahan dunia lain,” katanya. (DS/yi)