Delapan Titik Longsoran Sebabkan Perjalanan KA di Daop 2 Memutar

kereta api. foto: manajer humas daop 2 Joni Martinus

INFONAWACITA.COM – Setidaknya ada delapan titik longsoran yang terjadi diantara jalur rel antara stasiun Bumiwaluya dan Stasiun Cipeundeuy, Jawa Barat.

Delapan titik tersebut diantaranya km 230 + 4/5 , 230 + 9/0 , 231 + 0/1 , 231 + 8/9 , 232+7/9 , 233 + 0/2 , 233 + 7/8 , 234+1/2.

Panjang Longsoran sendiri bervariasi mulai dari 10 meter hingga 100 meter, sedangkan ketinggiannya mulai dari satu meter hingga tujuh meter.

“Petugas sedang melakukan penanganan, tadi malam ada longsor susulan.” kata Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus ke infonawacita.com melalui sambungan telepon di Jakarta, Kamis (23/11).

Saat ini kata Joni pihaknya tengah menangani material yang menimbun jalur rel, sekaligus apakah terjadi kerusakan yang berarti.

“Kami masih menganalisa kerusakan-kerusakan yang terjadi” tambahnya.

Disisi lain, Joni mengakui jalur KA di Daop 2 merupakan salah satu jalur KA terekstrim, karena melewati daerah perbukitan.

Tetap Melayani

Selain itu ungkap Joni, PT KAI akan terus melayani perjalanan KA meskipun memiliki konsekuensi akan menambah waktu.

“kami akan terus melayani penumpang, KA dari Bandung ke timur dialihkan melalui utara, kosekuensinya memakan waktu lebih lama.” ungkapnya.

Sedangkan penumpang KA yang tadi malam sempat terhambat perjalanannya telah dialihkan dengan menggunakan bus menuju stasiun tujuan.

“Semalam kita sudah memberikan recovery bagi penumpang yang terkena dampaknya langsung. Penumpang yang terhambat dialihkan dengan bus.” ujarnya. (HG)