Danau Toba Kedatangan Ahli Geologi dari Penjuru Dunia

INFONAWACITA.COM – Danau Toba kedatangan peneliti dan pakar geologi dari penjuru dunia. Mereka sengaja hadir untuk mengikuti seminar Calderas and Super-eruptions yang diselenggarakan Kementerian ESDM.

Seperti termuat dalam keterangan resmi seminar ini merupakan salah satu event utama dalam rangkaian “The 7th International Workshop on Collapsed Calderas”, yang diselenggarakan di Tabo Cottage, Tuktuk Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (22//9/2018).

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) selaku tuan rumah menggandeng International Association on Volcanology and Chemistry of Earth Interior (IAVCEI) untuk kesuksesan acara yang menghadirkan 69 pakar serta peneliti di bidang geologi dan kegunungapian dari dalam dan luar negeri ini.

Seluruh rangkaian workshop yang terdiri dari seminar, Focus Group Discussion dan kunjungan lapangan diselenggarakan hingga Kamis 27 September 2018 mendatang.

Topik yang Dibahas

Bertajuk “Assessing the Potential Impact of Super-Eruptions on Society and the Environment” Seminar pagi ini akan membahas dampak potensial secara sosio-ekologis dari letusan supervolcano, seperti misalnya Kaldera La Garita di Colorado AS, Toba di Sumatera Utara Indonesia, Taupo di Selandia Baru dan Aira di Kyushu, Jepang. Steve Self, peneliti vulkanologi dari University of California – Berkeley, Amerika Serikat yang akan mempresentasikan Materi tersebut di atas.

Sekretaris Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Antonius Ratdomopurbo dalam sambutannya mengungkapkan kebahagiannya dapat menyelenggarakan acara internasional ini.

“Sebuah kehormatan besar bagi saya untuk menyampaikan sambutan selamat datang kepada semua yang hadir dalam Lokakarya Internasional ke-7 tentang Keruntuhan Calderas di Tuk-Tuk, Samosir ini. Badan Geologi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah atas dukungannya, sehingga lokakarya dapat terlaksana,” ujar Purbo di Samosir, Sabtu (22/9/2018).

Menurut Purbo, mengumpulkan para ahli vulkanologi dan geoscientist dari berbagai belahan dunia dalam acara ini merupakan hal yang membahagiakan bagi Badan Geologi Kementerian ESDM.

Karena acara ini sesuai dengan tugas Badan Geologi yang salah satunya melakukan penelitian dan pemetaan inventarisasi terhadap objek-objek warisan geologi dan memberikan rekomendasi wilayah yang berpotensi menjadi kawasan geopark yang membuat konservasi geologi dapat berkelanjutan.