Cinta Indonesia, Inilah Pernikahan Afrika Rasa Jawa di Nairobi

INFONAWACITA.COM – Afrika rasa Jawa. Mungkin itu penggambaran yang tepat begitu orang melihat pernikahan Joshua Mugo, warga Kenya yang menggelar pernikahannya di Nairobi, pada tanggal 6 November lalu. Dihadiri oleh 400-an undangan, Joshua dan isterinya mengenakan pakaian adat Jawa dalam pernikahan tersebut.

Di saat banyak orang Indonesia lebih memilih pernikahan ala barat karena alasan lebih simple, Joshua memilih untuk sedikit “ribet” dengan menggelar pernikahan yang memadukan adat Jawa dan Kenya. Seperti dikutip dari CNN, proses pernikahan dibuka dengan alunan gending Jawa Lancaran Kebo Giro, lalu ditutup dengan tarian pernikahan adat Kenya. Joshua dan pasangannya mengenakan baju pengantin adat Jawa beludru hitam dengan motif keemasan dan mengenakan bawahan batik.

“Iringan gending ini disesuaikan dengan acara pernikahan adat Jawa di Indonesia,” ujar pengurus Dharma Wanita Persatuan KBRI Nairobi, Laili Fauziah, selaku penata busana dalam pernikahan tersebut.

Prosesi pernikahan yang digelar di halaman sebuah sekolah itu juga menampilkan nyanyian dan musik perpaduan angklung dan lagu Kenya. Untuk angklung dimainkan oleh grup ibu-ibu KBRI Nairobi. Aksi ini menarik perhatian masyarakat setempat dan ratusan undangan. “Ini pertama kalinya masyarakat Kenya melihat pertunjukan angklung dan pernikahan adat Indonesia,” ujar Joshua. Sebagai souvenir, Joshua pun memboyong 150 angklung dari Bandung yang dibagikan kepada undangan.

Keinginan untuk menggelar pernikahan adat Jawa, Indonesia ini bukan tanpa alasan. Joshua sangat mencintai Indonesia sejak dia mempelajari musik di salah satu universitas di Kenya, dan belajar angklung di bawah bimbingan dosen dari Malang, Jawa Timur. Sejak itulah, meski belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di Indonesia, Joshua sudah jatuh cinta dengan Indonesia. (AR).