Catatan Presiden Jokowi Datangi Lokasi dan Bertemu Masyarakat Terpapar Gempa Sulawesi Tengah

Doa bersama Presiden Jokowi dan warga Solo untuk Donggala dan Palu (Foto: @MurtadhaOne)
Doa bersama Presiden Jokowi dan warga Solo untuk Donggala dan Palu (Foto: @MurtadhaOne)

INFONAWACITA.COM – Presiden Jokowi mencatat beberapa hal saat ia mengunjungi lokasi dan bertemu dengan masyarakat yang terpapar gempa di Sulawesi Selatan. Kepala Negara bertolak dari Jawa Tengah dengan menggunakan pesawat Hercules menuju Sulawesi Tengah pada Minggu (30/9/2018).

Presiden mencatat, momen saat ia melangkah di antara puing-puing bangunan akibat gempa dan tsunami di salah satu lokasi di Sulawesi Tengah.

“Melangkah di antara puing-puing bangunan Perumnas Balaroa, jejak kerusakan yang tertinggal di sebagian kawasan kota Palu seusai gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Tengah,” tulis Presiden Jokowi seperti dikutip dari akun resmi media sosialnya.

Kepala Negara juga menyatakan, setiba dirinya tiba di Ibukota Sulawesi Tengah, ia langsung memimpin rapat terbatas dengan sejumlah jajaran pemerintah.

“Setiba di kota Palu, siang ini, saya segera memimpin rapat terbatas dengan sejumlah jajaran pemerintah di bandara dan memberi pengarahan kepada para prajurit TNI yang terlibat dalam evakuasi korban,” kata Presiden Jokowi.

Usai rapat terbatas, Kepala Negara menyatakan bahwa ia melihat secara langsung bagaimana efek bencana yang menerpa Sulawesi Tengah itu terjadi.

“Dari bandara saya mengunjungi beberapa lokasi pusat bencana seperti Perumnas Balaroa, Pantai Talise, Rumah Sakit Undata dan posko pengungsi di Lapangan Vatulemo. Akibat gempa dan tsunami, jalan-jalan terputus, bandara tak sepenuhnya bisa didarati pesawat, listrik baru hidup sebagian, dan pasokan bahan bakar minyak terhambat. Saya perkirakan BBM baru bisa sampai di sini dalam dua hari. Saat ini, alat-alat berat dari Mamuju dan Gorontalo sudah dalam perjalanan menuju lokasi bencana,” ungkap Presiden Jokowi.

Sulawesi Tengah Harus Segera Bangkit

Kepala Negara kemudian menegaskan bahwa pemerintah bakal membuat wilayah-wilayah yang terpapar gempa untuk segera bangkit.

“Saya berharap masyarakat sabar. Ini sedang kita tangani bersama. Setelah keadaan pulih, kita akan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah-rumah penduduk selekas mungkin,” tegas Presiden Jokowi.

 

View this post on Instagram

 

Melangkah di antara puing-puing bangunan Perumnas Balaroa, jejak kerusakan yang tertinggal di sebagian kawasan kota Palu seusai gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Tengah. Setiba di kota Palu, siang ini, saya segera memimpin rapat terbatas dengan sejumlah jajaran pemerintah di bandara dan memberi pengarahan kepada para prajurit TNI yang terlibat dalam evakuasi korban. Dari bandara saya mengunjungi beberapa lokasi pusat bencana seperti Perumnas Balaroa, Pantai Talise, Rumah Sakit Undata dan posko pengungsi di Lapangan Vatulemo. Akibat gempa dan tsunami, jalan-jalan terputus, bandara tak sepenuhnya bisa didarati pesawat, listrik baru hidup sebagian, dan pasokan bahan bakar minyak terhambat. Saya perkirakan BBM baru bisa sampai di sini dalam dua hari. Saat ini, alat-alat berat dari Mamuju dan Gorontalo sudah dalam perjalanan menuju lokasi bencana. Saya berharap masyarakat sabar. Ini sedang kita tangani bersama. Setelah keadaan pulih, kita akan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah-rumah penduduk selekas mungkin.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on