Calon Wakil Gubernur Papua Ini Pernah Jadi Guru SD

INFONAWACITA.COM – PDI Perjuangan baru saja mengumumkan 4 nama calon Kepala Daerah untuk Pilkada serentak 2018. Salah satunya ialah Habel Melkias Suwae (HMS) yang diusung menjadi calon Wakil Gubernur Papua. Ternyata Habel sendiri pernah menjadi guru SD selama 3 tahun di Papua.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat pengusungan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua di Kantor DPP PDI Perjuangan pada Kamis (4/1/2018).

“Kedua, Habel Melkias Suwae, yang selama 3 tahun jadi guru SD. Beliau Bupati Jayapura,” kata Megawati saat memperkenalkan Habel.

Habel sendiri dipasangkan dengan John Wempi Wetipo (JWW) yang diusung menjadi calon Gubernur Papua. Habel saat ini merupakan Bupati Jayapura, setelah sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Umum Masyarakat.

“Karena reputasi bagus maka HMS diangkat menjadi ketua humas kabupaten Jayapura,” kata Megawati.

Uniknya kata Mega, saat ini banyak pihak yang berguru pada HMS karena telah memberdayakan program listrik di Papua. Kinerja HMS yang berhasil memberdayakan listrik di Papua tersebut akhirnya dibukukan berjudul “Suara Hati yang Memberdayakan”.

“Kenapa saya pilih mereka? Mereka orang yang lebih banyak kerja dan tahu ke pendidikan, yang namanya olahraga, di Papua kita tahu fisik mereka bagus untuk olahraga. Dengan demikian mudah-mudahan ketika beliau bisa jadi pemimpin di Papua dapat teralisiasi dan Papua bisa membangun di bidang pendidikan,” harap Mega.

Pendidikan kunci pembangunan Papua

Megawati sendiri percaya seperti yang mendiang ayahnya Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pernah katakan jika kunci pembangunan di Papua adalah pendidikan.

Soekarno percaya jika Papua hanya dapat dibangun oleh masyarakatnya sendiri. Oleh karena itu masyarakat Papua pun membutuhkan pendidikan yang berkualitas untuk dapat memberdayakan wilayahnya. (DS/yi)