BUMN Bangun Tiga Jembatan di Banten

Ilustrasi (Foto: Kementerian PUPR)

INFONAWACITA.COM – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi membangun jembatan di Lebak, Banten. Ada tiga jembatan yang akan dibangun, yang melintasi sungai di Balepunah, Cikeyeup dan Cisemeut.

Dirut BNI, Achmad Baiquni, Jumat (8/12) mengungkapkan, pembangunan jembatan ini penting untuk segera dilakukan.

“BUMN bersinergi memperbaiki jembatan di pelosok daerah yang kondisinya mengkhawatirkan,” ujar Achmad.

Rincian jembatan yang akan dibangun adalah jembatan Balepunah, Desa Sangiang Tanjung, Lebak, Banten dibangun sepanjang 67 meter dengan nilai proyek Rp 1,03 miliar. Selain itu, Jembatan Cisimeut, Desa Sangkanwangi, Lebak, Banten sepanjang 75 meter dengan nilai proyek Rp 1,21 miliar. Juga jembatan Cikeuyeup sepanjang 42 meter dengan nilai proyek Rp 747 juta. Total biaya proyek ketiga jembatan tersebut senilai Rp 3,289 miliar.

Sebelumnya Baiquni juga bilang telah melakukan perbaikan sejumlah jembatan di Indonesia. Selain jembatan Balepunah, BNI bersama BUMN Karya juga telah merampungkan Jembatan Desa Sitiris, dan Jembatan Jorong Ambacang Kunyik di Sumatera Utara; Jembatan Air Simpang Kabupaten Bengkulu Utara; Jembatan Desa Meranti dan Jembatan Desa Kemalang, Jawa Tengah; Jembatan Desa Sukorejo, Jawa Timur; dan Jembatan Desa Mekarsakti, Jawa Barat.

Selain itu terdapat dua jembatan lainnya yang tengah dibangun, yaitu Jembatan Jungcangcang, Madura, Jawa Timur; dan Jembatan di Kabupaten Konawe, Sulawesi Selatan. Hingga 7 Desember 2017, BNI dan BUMN Karya berhasil merampungkan 8 jembatan dengan total panjang sekitar 500 meter di berbagai lokasi.

Baiquni bilang nilai jembatan sangat tinggi bagi yang menggunakan. Pembuatan jembatan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. “Perbaikan jembatan diharapkan akan memunculkan kegiatan ekonomi yang baik,” terangnya, dikutip dari kontan.co.id.

Jembatan yang telah rampung dibangun tersebut diresmikan oleh Menteri BUMN Republik Indonesia, Rini Soemarno. Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Direktur Utama BRI Suprajarto, Direktur Utama Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra, direksi Bank Mandiri. BUMN Karya yang turut membangun jembatan turut hadir yaitu Adhi Karya, dan Waskita Karya, serta Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.(AR)