Buktikan Janji Buka Keterisoliran, Kabupaten Ini Juga Segera Miliki Bandara Lewat APBN

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi saat tiba di bandara Internasional Minangkabau, 21 Mei 2018. (foto: BPMI)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi saat tiba di bandara Internasional Minangkabau, 21 Mei 2018. (foto: BPMI)

INFONAWACITA.COM – Salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara akan segera memiliki bandara. Berlokasi di Kabupaten Bolaang Mongondow, kehadiran bandara itu menyusul dengan tersedianya anggaran untuk pembangunannya.

“Pemerintah pusat mengalokasikan dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) tahun 2018 sebesar Rp16,5 miliar untuk memulai pembangunan bandara Bolaang Mongondow,” kata Kepala Dinas Perhubungan Bolmong Ashari Sugeha melalui Kepala Bidang (Kabid) Prasarana Dinas Perhubungan Zulfadli Binol di Bolaang Mongondow.

Proyek ini terdiri pembangunan landasan pesawat dengan panjang 1.400 meter dan lebar 30 meter. Ia juga mengatakan, pembangunan landasan sudah dimulai sejak 2 Mei 2018. Untuk sementara pemenang proyek sudah melakukan pengukuran landasan.

“Total dana pembangunan bandara Bolmong sampai selesai sekitar Rp325 miliar dan ditargetkan rampung dalam tiga tahun ke depan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, untuk anggaran pembangunan bandara ini dilakukan secara bertahap atau multiyear. Mulai tahun ini dengan turunnya alokasi anggaran dari pemerintah pusat.

“Ini semua berkat lobi dari pemerintah daerah khususnya Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, sampai bandara di Bolmong mulai dibangun,” katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan, untuk nama bandara masih menunggu petunjuk dari bupati. Sebab masih akan dibahas dengan lintas tokoh masyarakat, DPRD dan akademisi.

“Proses penamaan bandara sangat panjang. Sebab usai disetujui nama bandaranya, masih akan dibuat peraturan daerah. Kemudian menunggu rekomendasi dari gubernur sampai pada keputusan menteri perhubungan,” terangnya, seperti dilansir dari Antara pada Sabtu (2/6/2018).

Lokasi pembangunan bandara di Kabupaten Bolaang Mongondow.
Lokasi pembangunan bandara di Kabupaten Bolaang Mongondow.
Bukan Hanya Lapangan Kerja yang Terbuka

Sementara itu, seperti Infonawacita.com lansir dari laman bolmongkab.go.id, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bolmong Ashari Sugeha meminta kepada masyarakat dan seluruh stakeholder. Untuk bisa memberikan doa dan dukungan agar rencana yang baik ini bisa terwujud. Sebab dengan pembangunan bandara ini merupakan keuntungan seluruh warga masyarakat Bolmong.

“Jika bandara sudah ada, otomatis tak hanya lapangan kerja yang terbuka luas. Tapi, perputaran ekonomi daerah bisa lebih baik. Sehingga kesejahteraan masyarakat Bolmong terjamin,” tuturnya.