Bukan Pengibulan, MUI Apresiasi Presiden Jokowi atas Program Sertifikat Tanah Wakaf

Presiden Joko Widodo (foto: Biro Pers Setpres)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo berencana membagikan sertifikat tanah wakaf masjid dan musala di Padang, Sumatera Barat, Senin (21/5/2018). Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang pun mengapresiasi program pembagian sertifikat tanah wakaf tersebut.

“Tanah wakaf khususnya masjid dan musala adalah aset umat yang harus disertifikatkan sesuai amanat undang-undang sehingga aman dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Program ini merupakan sebentuk kepedulian atas aset milik umat,” kata Sekretaris MUI Kota Padang Mulyadi Muslim di Padang, Minggu (20/5/2018).

Seperti dikutip dari Antara, menurut Mulyadi, masjid dan beberapa fasilitas pendidikan banyak yang beralih fungsi karena ketidakjelasan batas tanah dan bahkan ada yang digugat karena ada celah.

“Kalau tanah masjid atau mushalla tidak ada sertifikat bisa saja digugat oleh pihak tertentu. Karena itu kepada pengurus mari segera mengurusnya,” seru Mulyadi.

Info terkait: Terkuak, Ini Penyebab Presiden Jokowi Bagi-Bagikan Sertifikat Tanah

Penyerahan Sertifikat

Presiden Jokowi dijadwalkan menyerahkan sertifikat hak atas tanah wakaf masjid, musala, dan surau yang ada di Provinsi Sumatra Barat.

Dengan penerbitan sertifikat ini, Presiden yakin dapat menghindari terjadinya sengketa masjid, musala, maupun surau yang berstatus tanah wakaf.

Info terkait: Presiden Jokowi Bicara Tentang Penerbitan Sertifikat Tanah Tahun Ini dan BBM Satu Harga

“Saya mendapat informasi bahwa tanah wakaf kalau tidak disertifikatkan kadang masih ada sengketanya, sengketa lahan, sengketa tanah bisa terjadi,” ujar Jokowi melalui siaran pers resmi Istana.

Jokowi pun telah menginstruksikan jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN untuk segera menyelesaikan penerbitan sertifikat masjid, musala, dan surau di seluruh Provinsi Sumatra Barat dalam waktu dua tahun mendatang.