Bukan Fiksi! Warga Papua Akui Mendapat Berkah dari Program Presiden Jokowi

INFONAWACITA.COM – Salah seorang masyarakat Papua yang terlibat dalam program Padat Karya mengaku menerima berkah dari program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain mendapatkan pemasukan karena bekerja, kini desa mereka juga menjadi tertata lebih layak.

Hal ini diungkapkan Nataniel, salah satu pekerja padat karya Kotaku di Desa Kokoda, Sorong, Papua. “Lewat program Kotaku kami bisa mendapatkan berkat luar biasa, berkat ini kami terima dengan sepenuh hati,” ungkap Nataniel seperti termuat dalam video yang diunggah akun Youtube KementerianPU pada Kamis (19/4/2018).

Saat ini jelas Nataniel warga Kokoda tidak perlu lagi repot membuka sepatu ketika jalan di sekitar desa. “Manfaatnya kami bandingkan dengan dulu dan sekarang kami sudah enak. Dulu kami jalan buka sepatu jalan, sekarang kami sudah enak, Pak,” akunya.

Warga Dapat Penghasilan
Presiden Jokowi meninjau Program Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pematang Panjang, Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. (Foto: Biro Pers Setpers)
Presiden Jokowi meninjau Program Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pematang Panjang, Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. (Foto: Biro Pers Setpers)

Presiden Jokowi sendiri memang sempat meninjau Program Padat Karya Tunai (PKT) di Kampung Kokoda, Kelurahan Klasabi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Jumat (13/4/2018).

Pada kunjungannya itu ia menjelaskan pekerja yang merupakan warga desa sendiri bisa mendapatkan penghasilan Rp100 ribu hingga Rp150 ribu.

PKT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memang dilakukan dari Sabang sampai Merauke. PKT meliputi perbaikan dan pembuatan saluran irigasi kecil, pemeliharaan jalan, pembangunan rumah khusus dan rumah swadaya, serta pembangunan jalan produksi, jalan lingkungan, dan drainase. Melalui program tersebut diharapkan menambah penghasilan masyarakat dan meningkatkan perputaran uang di daerah. (DS/yi)