BTN Buka Peluang Salurkan KPR FLPP Lagi Tahun Depan

foto: properti.net

INFONAWACITA.COM -PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyatakan membuka peluang untuk menyalurkan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ( FLPP) pada tahun 2018. Kesiapan tersebut dilandasi realisasi kinerja perseroan selama tiga tahun dalam Program Satu Juta Rumah.

“Kami membuka ruang untuk dapat menyalurkan kembali FLPP 2018 agar semakin banyak masyarakat bisa memiliki rumah dengan harga terjangkau dan memenuhi target program nasional tersebut,” kata Maryono seperti yang dikutip kompas.com Selasa (26/12).

Ia menyebut, BTN telah menyalurkan kredit perumahan untuk lebih dari 1,61 juta unit rumah terhitung sejak ditunjuk menjadi agen dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Program Satu Juta Rumah hingga November 2017.

Sejak BTN tidak lagi menyalurkan FLPP pada 2017, sebanyak 33 bank lain penyalur FLPP hanya mengambil porsi sebesar 12,3 persen dari total dana pemerintah tersebut. Sebaliknya, secara total BTN masih memegang porsi terbesar, yakni 87,7 persen dari penyaluran FLPP.

BTN dipercaya sejak 2015

Adapun sejak ditunjuk menjadi bank pembiayaan dalam Program Satu Juta Rumah pada 2015, BTN selalu mencatat realisasi penyaluran kredit perumahan lebih dari target yang ditetapkan. Misalnya, pada 2015, realisasi penyaluran pinjaman perumahan BTN mencapai 110 persen dari jumlah yang dibidik atau setara 474 ribu unit rumah.

“Begitu pula pada tahun berikutnya, dari target sebesar 570 ribu unit rumah, realisasi penyaluran kredit perumahan oleh BTN telah mencapai 104,5 persen atau setara 595,5 ribu unit rumah,” jelas Maryono.

Hingga November 2017, BTN telah menyalurkan kredit perumahan untuk 549,6 ribu unit. Realisasi tersebut tercatat melebihi separuh dari total realisasi seluruh agen Program Satu Juta Rumah. (RA)