BPS: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 2017 Capai 5,06%

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. (foto: elshinta.com)

INFONAWACITA.COM –  Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga 2017 sebesar 5,06% year on year (yoy), lebih tinggi dari kuartal pertama dan kedua 2017 sebesar 5,01%.

Kepala BPS Suhariyanto, Senin (6/11) mengungkapkan, harga komoditas migas dan nonmigas selama kuartal ketiga menunjukkan peningkatan yang menggembirakan. Banyak komoditas yang mengalami peningkatan harga.

Sementara kondisi perekonomian global juga menunjukkan data yang menggembirakan. Mitra dagang utama Indonesia lanjut dia, pada umumnya membaik.

“Ekonomi Tiongkok di kuartal ketiga ini meningkat menjadi 6,8%. Ekspor kita ke China sharenya 13,7% selama kuartal ketiga,” ungkap Suhariyanto, seperti dilansir dari kontan.co.id.

Selain itu, lanjutnya, pertumbuhan ekononomi Amerika Serikat (AS) juga menguat menjadi 2,3% dan ekonomi Singapura juga menguat jadi 4,6% di kuartal ketiga tahun ini.

Inflasi sangat terkendali. Bahan makanan justru mengalami deflasi. Hingga akhir September, inflasi nasional berada di level 3,72% yoy.

Realisasi belanja pemerintah seperti yang diharapkan, yaitu mengalami perbaikan. Realisasinya di kuartal ketiga mencapai 22,56%, lebih tinggi dibanding pada kuartal ketiga 2016. Kenaikan ini karena ada kenaikan pada realisasi belanja pegawai, belanja barang, bantuan sosial, dan belanja modal.

Nilai ekspor juga nembaik, naik 24,01% yoy. Sementara impornya naik 22,86% yoy. Begitu juga dengan relaisasi investasi yang naik tinggi, sebesar 13,7% yoy dan penjualan mobil naik 7,79% yoy.(AR)