Bom Bunuh Diri ISIS di Pakistan, 70 Orang Tewas

INFONAWACITA.COM – Sedikitnya 70 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka dalam aksi bom diri di Sehwan, Paksitan Selatan, Kamis (16/2). Kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab atas aksi tersebut, demikian dilaporkan media setempat.

Melalui laman miliknya, Arabica Amaq, ISIS menyatakan “satu bomber telah meledakkan rompinya di sebuah acara Muslim Syiah, di tempat suci Lal Shahbaz Qalandar di Provinsi Sindh, Pakistan Selatan.” Ini adalah aksi kedua yang diklaim ISIS, yang mengincar sejumlah tempat suci di Pakistan dalam tiga bulan terakhir.

Sebelumnya, tahun lalu tanggal 12 November, sedikitnya 52 orang tewas dan lebih dari 100 orang luka-luka dalam aksi serupa di Provinsi Balochistan. Pejabat tinggi kepolisian setempat, Rasool Bux mengungkapkan, ledakan Kamis kemarin terjadi sekitar pukul 19.00 waktu setempat. Seorang bomber memasuki Lal Shahbaz Qalandar dari arah gerbang yang dipadati orang. Ia meledakkan diri di tengah-tengah sekelompok orang yang sedang melakukan Dhamal (tari Sufi) di dalam kompleks rumah suci tersebut.

Pada saat kejadian, dilaporkan ada sekitar 800-an orang dari berbagai penjuru negeri berada di dalam kompleks tempat suci tersebut. Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif mengutuk keras serangan itu dan memerintahkan departemen-departemen terkait agar memberikan perawatan sebaik mungkin bagi para korban luka.(AR)