BNPT: Waspadai Aksi Terorisme pada Malam Tahun Baru

foto: istimewa

INFONAWACITA.COM – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Suhardi Alius mengingatkan perlunya mewaspadai potensi teror pada malam tahun baru.

Suhardi dalam keterangannya, seperti dilansir Tempo.co, Sabtu (30/12) menyatakan, serangan teroris di Rusia dan Afganistan pada Kamis (28/12), membuat Indonesia perlu lebih waspada.

“Kami pelajari pola (teror di) Rusia dan Afganistan. Mereka menyerang tempat keramaian pada jam-jam sibuk,” ujar Suhardi.

Suhardi menuturkan pihaknya telah mengamati sejumlah daerah dan mengawasi sel jaringan kelompok teror yang selama ini melakukan kejahatannya di Indonesia. “Kami mewaspadai jaringan Jamaah Ansharut Daulah. Mereka yang terkait dengan Bahrun Naim.”

Sebelumnya, pengamat terorisme Al Chaidar mengingatkan semua pihak agar mewaspadai adanya kemungkinan serangan teror pada malam pergantian tahun.

“Selain Jakarta, Bekasi, dan Tangerang perlu siaga,” ujarnya. Dalam sebulan belakangan, Detasemen Khusus 88 Antiteror Kepolisian RI menangkap sejumlah orang yang dicurigai menjadi bagian dari kelompok teroris. Seorang di antaranya penyewa kios helm di Pekayon, Bekasi.(AR)