BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan NTT

Suasana pantai diselimuti awan hitam di Pantai Pasir Panjang, Kupang, NTT, Senin (28/3. (Foto: Antara)

INFONAWACITA.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat maupun perusahaan pelayaran untuk mewaspadai gelombang setinggi empat meter di wilayah perairan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Untuk kondisi cuaca perairan dalam tiga hari ke depan pada umumnya hujan sedang – lebat, potensi gelombang tinggi di perairan selatan NTT dan laut Sawu hingga empat meter,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG El Tari Kupang, Ota Welly Jenni Thalo di Kupang, Rabu (27/12).

Menurut dia, gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di wilayah perairan Selat Sumba, Laut Sawu, perairan Selatan Pulau Sumba, Laut Timor selatan NTT setinggi tiga meter.

Sementara perairan Utara Flores, Selat Sape dan perairan Selatan Kupang dan Pulau Rote, potensi gelombang berkisar antara 2-2,5 meter, katanya menambahkan.

Tinggi gelombang ini bisa dua kali lipat dari prakiraan saat ini, katanya.

Tekanan Rendah di Sebelah Barat Daya Australia

Mengenai penyebab, dia mengatakan, kondisi ini disebabkan karena adanya pola tekanan rendah di sebelah barat daya Australia.

“Berdasarkan hasil pantauan citra satelit pola tekanan, dan pola angin, terdapat daerah bertekanan rendah di Perairan Laut Sawu atau adanya sirkulasi siklonik daerah bertekanan rendah wilayah perairan tersebut,” katanya.

Kondisi tersebut dapat memicu terjadinya potensi hujan sedang-deras disertai petir hampir diseluruh wilayah Nusa Tenggara Timur (NIT).

BMKG juga mengingatkan agar masyarakat juga mewaspadai potensi angin kencang yang terjadi di dibeberapa wilayah NTT.

Wilayah-wilayah yang berpotensi terjadinya angin kencang seperti Kupang, Soe, Kefamenanu, Atambua, Betun, Rote, Sabu, dan Sumba Timur, katanya menambahkan. (ANT/HG)