BMKG Luruskan Soal Duluan Mana Tsunami Terjadi dan Peringatan Tsunami Dicabut

BMKG. (Foto: Istimewa)
BMKG. (Foto: Istimewa)

INFONAWACITA.COM – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meluruskan kesalahpahaman yang beredar di masyarakat. Terkait duluan mana tsunami terjadi melalui video yang beredar. Dengan pencabutan peringatan dini atas tsunami yang menerpa wilayah Sulawesi Tengah oleh BMKG.

Seperti diketahui, masyarakat termasuk warganet sempat merasa rancu dengan rentang waktu antara video tsunami yang beredar. Lalu kemudian BMKG mencabut peringatan dini tsunami. Sebab, saat BMKG mencabut peringatan itu, video tsunami itu justru kemudian yang beredar di masyarakat.

“Sepertinya masih ada yang salah paham mengenai video-video tsunami yang beredar,” kata keterangan BMKG melalui akun media sosial resmi, seperti dikutip pada Sabtu (29/9/2018).

BMKG meluruskan, peringatan dini tsunami itu dikeluarkan setelah gempa sesuai dengan sisten Inatews 4.0. Sederhananya, sistem BMKG memberikan peringatan gempa dan potensi tsunami. Pihak BMKG memprioritaskan untuk menyampaikannya langsung kepada wilayah yang bakal diterpa gempa dan potensi tsunami tersebut. Pemerintah setempat kemudian langsung melakukan tindakan awal.

“Jadi BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tsunami setelah gempa sesuai dengan sistem inatews 4.0 dan tsunaminya benar telah terjadi. Setelah itu peringatan dini tsunami diakhiri (berarti tsunami telah surut). Bapak ibu sekalian kemungkinan melihat videonya setelah melihat postingan pengakhiran kami ini,” jelas BMKG.

Untuk itu, BMKG meminta agar masyarakat lebih mempercayai keterangan resmi dari otoritas yang menangani persoalan ini. Agar tidak menciptakan kegaduhan dan kepanikan yang justru malah menghalangi penanganan di wilayah yang terpapar gempa di Sulawesi Tengah.

“Terimakasih, mohon untuk mendoakan saudara-saudara kita di sana yang saat ini memiliki keterbatasan akses komunikasi dan mati listrik. Dan pantau terus info dari kami,” kata keterangan BMKG.

Tangkapan gambar keterangan resmi BMKG soal duluan mana tsunami terjadi dengan pencabutan peringatan dini tsunami oleh BMKG. (Foto: IN/zh)
Tangkapan gambar keterangan resmi BMKG soal duluan mana tsunami terjadi dengan pencabutan peringatan dini tsunami oleh BMKG. (Foto: IN/zh)

Cara mudah lain juga sebenarnya adalah dengan melihat waktu dan tanggal dari rekaman video yang beredar. Khususnya tanggal dan jam berapa video itu direkam. Lalu kemudian, melihat peringatan tsunami tersebut dicabut oleh BMKG pada tanggal dan jam berapa.

Seperti diketahui, gempa menyebabkan timbulnya korban jiwa dan luka-luka. Soal jumlah pastinya, pemerintah setempat dan pihak terkait lainnya masih terus bekerja keras untuk mendatanya. Terlebih lagi peristiwa tersebut juga mengakibatkan sejumlah bangunan rusak dan roboh. BMKG mengimbau masyarakat agar terus mengikuti perkembangan terkini melalui laman resmi mereka serta tetap waspada.