Bikin Panas Trump, Iran dan Tiongkok Pamer Senjata Militer

INFONAWACITA.COM – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengelompokkan Tiongkok dan Iran sebagai musuh Amerika Serikat. Merespons ini, Iran dan Tiongkok dalam waktu bersamaan pamer persenjataan militer mereka.

Iran dilaporkan telah melakukan latihan militer sekaligus pamer perlengkapan senjata militer terbarunya. Sementara Tiongkok melakukan ujicoba peluru kendali terbarunya menyusul aksi nyinyir Trump di Twitter atas maneuver Tiongkok di Laut China Selatan.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Iran Brigjen Hossein Dehqan dengan bangga memperlihatkan kemampuan persenjataan militer mereka, termasuk peluru kendali dan peluncur granat. Persenjataan ini diklaim mampu meningkatkan kemampuan militer Iran dalam pertempuran individual dan pertahanan udara, kata Dehqan kepada Kantor Berita Tasnim.

Iran juga memperingatkan AS, jika negaranya diserang, maka Iran akan menghajar armada kelima AS yang berbasis di Bahrain, instalasi-instalasi militer AS di Samudera Hindia dan ibu kota Israel, Tel Aviv dengan peluru kendalinya.

“Titik-titik tersebut masih dalam jangkauan tembak sistem peluru kendali Iran. Semua akan rata dengan tanah, jika musuh berbuat salah,” ancam anggota Komisi Keamanan Nasional dan Luar Negeri Parlemen Iran, Mojtaba Zonour.

Sedangkan Tiongkok mengujicoba peluru kendali berkepala nuklir, dengan daya jangkau mencapai 600 mil, mampu menyasar Taiwan, Korea dan Jepang, selain kapal-kapal yang bergerak di lautan.

Peluru kendali DF-16 ini diluncurkan dari peluncur bergerak yang membuatnya sulit dihancurkan sebelum meluncurkan rudalnya. Peluru kendali ini dirancang untuk memperluas kemampuan laut militer Tiongkok. Uji coba ini dilakukan setelah Trump menganggap China sebagai ancaman.(AR)