Berkat Kebijakan Jokowi, Kini Omset Pedagang Kecil Naik 20 Persen

INFONAWACITA.COM – Pedagang kecil kini menikmati dampak dari salah satu kebijakan Pemerintahan Jokowi. Salah satunya ialah lewat kebijakan revitalisasi Pasar Rakyat.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahya Widayanti mengemukakan berkat program revitalisasi pasar kini omset pedagang yang pasarnya direvitalisasi naik 20 persen.

“Kenaikan omzet mengindikasikan adanya peningkatan pengunjung di pasar tersebut. Hal ini karena pasar rakyat yang sudah direvitalisasi memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengunjung untuk berbelanja di pasar tersebut,” ungkap Tjahya seperti dimuat Setkab.go.id Kamis (21/2/2019).

Tjahya menyampaikan, untuk mempermudah pemantauan omzet pasar rakyat, maka Kemendag mendukung pengembangan aplikasi daring yang memanfaatkan teknologi digital, yaitu E-Retribusi dan E-Payment.

“Pengembangan aplikasi daring ini merupakan transformasi digital pasar rakyat. Dengan melakukan pemantauan omzet secara daring diharapkan dapat membuat sistem kerja pasar rakyat menjadi lebih mudah, tepat, dan efisien,” jelas Tjahya.

Selain itu, untuk memberikan apresiasi kepada pasar rakyat dan pengelola pasar rakyat, menurut Tjahya, Kementerian Perdagangan akan menggelar penganugerahan Pasar Rakyat Award. Pemberian penghargaan dijadwalkan berlangsung pada kegiatan peresmian pasar rakyat yang rencananya dibuka Presiden RI Joko Widodo, di International Convention and Exhibition, Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, pada bulan Maret 2019.

“Pasar Rakyat Award diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pengelola pasar yang telah mengelola dan mengembangkan pasar rakyat dengan baik serta menyediakan barang kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau,” jelas Tjahya.

Setidaknya seperti diberitakan sebelumnya, sedari tahun 2015 pemerintahan Jokowi telah merevitalisasi 4.211 unit pasar rakyat. Targetnya di tahun 2019 harus sudah ada 5.000 pasar rakyat yang direvitalisasi.