Beginilah Pejabat Publik Jika Marah

INFONAWACITA.COM – Gubernur Jambi, Zumi Zola, berang saat melakukan inspeksi mendadak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher, Jambi, Jumat (20/1) dini hari. Zumi marah-marah karena menemukan para petugas medis yang berjaga di rumah sakit malah tidur.

Kemarahan Zumi terhadap para petugas rumah sakit tersebut terungkap dalam video yang menjadi viral di Youtube. Video yang diunggah akun Wawan Novianto tersebut berdurasi 3 menit 21 detik, telah ditonton sebanyak 70.641 kali dan mendapatkan 171 Like.

Dalam video tersebut, Zumi terlihat memasuki ruangan yang gelap karena lampu dimatikan. Sesaat kemudian Zumi berteriak-teriak, “Bangun, keluar keluar keluar!”

Zumi berang karena selama ini dia mendapatkan banyak keluhan dari warga yang menyatakan pelayanan rumah sakit sangat buruk, terutama pelayanan di malam hari. “Saya sudah dengar banyak keluhan. Setelah jam 12 atau sebelum, kalian sudah tidur. Tidak bisa seperti ini. Masyarakat sudah banyak mengeluh RS ini sangat jelek. Padahal ini panduan RS pemerintah di Jambi. Malu,” ujar Zumi tegas. Kemarahan Zumi ini bukanlah kali pertama terjadi. Pada Maret 2016, Zumi juga mengamuk di Kantor Samsat Jelutung, Jambi karena pelayanannya yang buruk dan dikeluhkan masyarakat.

Kemarahan pejabat publik bukan hanya dilakukan Zumi. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga marah-marah saat inspeksi mendadak (Sidak) di jembatan timbang di Subah, Batang dan menemukan praktik Pungli yang dilakukan petugas jaga di sana. Ganjar juga memarahi jajarannya saat menemukan jalan berlubang dalam perjalanan menuju Banjarnegara. Beberapa waktu lalu juga beredar video Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri tampak marah-marah kepada Tenaga Kerja Asing dalam Sidak yang dilakukannya.(HG)