Begini Langkah Pemerintah Agar ASN Setara dengan Pegawai Perusahaan Swasta Ternama

Ilustrasi. (foto: Foto: Antara/Zabur Karuru)

INFONAWACITA.COM – Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menjamin jika nantinya kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) akan sekelas dengan karyawan perusahaan swasta ternama.

Untuk menuju ke sana, Asman mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan Kampus Lembaga Administrasi Negara (LAN) sekelas corporate university.

“Kami sedang mendesain kampus ASN corporate university agar ASN tidak kalah mutunya dari perusahaan swasta itu,” ungkapnya saat mengikuti diskusi Leader’s Talk Seri Pertama: Apa Kabar Reformasi Birokrasi di Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Asman mengungkapkan, langkah ini dilakukan demi menuju world class government di tahun 2024 nanti seperti yang dicita-citakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Asman tidak menampik, saat ini Pegawai Negeri Swasta (PNS) didominasi oleh pegawai administrasi. Sehingga tidak heran jika instansi pemerintah minim inovasi.

“Komposisi ASN masih dominasi kemampuan administrasi. Maka lebih banyak pegawai penunjang dibanding core bisnisnya. Itu yang harus kita balik kedepannya,” terangnya.

SDM Inovatif

Info terkait: Perekrutan PNS: Kemampuan Jadi Ukuran, Bukan Backing-an

Ia berharap dengan distandarkannya kampus ASN setara dengan universitas milik korporasi, maka hal ini akan menciptakan sumber daya manusia yang inovatif sehingga berdampak pada pelayanan publik yang tidak mati karena perkembangan zaman.

Asman juga mengatakan, inilah alasan mengapa saat perekrutan CPNS beberapa waktu lalu pihaknya mengundang CEO Gojek. Ia berharap pemerintah bisa belajar dengan korporasi-korporasi swasta dalam menjaring dan menciptakan SDM yang bermutu. (DS/yi)