Begini Aksi Ganjar Omeli Kepala Sekolah yang Tak Patuhi Sistem SKTM

INFONAWACITA.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengomeli Kepala Sekolah yang ketahuan tidak melakukan verifikasi Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) penerimaan siswa di beberapa SMA di daerah yang dipimpinnya. Momen Ganjar mengomeli Kepala Sekolah via telepon selular itu terekam video dan viral di media sosial.

Awalnya, politisi dari PDIP itu menanyakan mengapa sekolah tersebut menerima siswa dengan SKTM melebihi kouta. “Jenengan sudah verifikasi mboten?” kata Ganjar masih santai seperti terekam dalam video yang dibagikan @MurtadhaOne Rabu (11/7/2018).

Ketika mendengar sekolah tersebut belum melakukan verifikasi, suara Ganjar pun semakin meninggi. “Hari ini diverifikasi pak, semua guru turunkan, siang ini ditunggu hasilnya,” kata Ganjar.

Ia pun menegur kepala sekolah tersebut karena tidak menjalankan intruksi dari Kepala Dinas Pendidikan untuk aktif memverifikasi siswa yang masuk lewat jalur SKTM. “Saya kasih waktu sampai jam 12, semuanya turun,” tegas Ganjar.

Diketahui, adapun sekolah-sekolah yang ditegur oleh Ganjar ialah SMAN Mojogedang, Karanganyar; SMKN 1 Blora dan SMKN 1 Purwokerto. Tiga sekolah itu diduga lamban dalam menjalankan perintah verifikasi SKTM.

Kasus SKTM memang belakangan sedang hangat. Banyak orang tua murid merasa terjadi kecurangan pada sistem tersebut. Dimana, siswa mampu diduga justru menggunakan sistem SKTM agar bisa diterima di sekolah favorit di daerahnya. (DS/zh)