Begini Agenda Hari Kedua Presiden Jokowi di Korea Selatan

Presiden Jokowi bertemu pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan di Cofftea House, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/8). (Foto: BPMI)
Presiden Jokowi bertemu pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan di Cofftea House, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/8). (Foto: BPMI)

INFONAWACITA.COM – Hari kedua di Seoul, Korea Selatan, Senin, 10 September 2018, sejumlah agenda telah menanti Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Negara direncanakan akan bertemu dengan Presiden Moon Jae-in di Istana Kepresidenan Korea Selatan.

“Tahun ini merupakan tahun yang penting juga bagi Indonesia-Korea Selatan, karena kita memperingati 45 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia-Korea Selatan,” ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada jurnalis pada Minggu malam (9/9/2018).

Sebelumnya, pada pagi hari, Presiden Jokowi akan memulai rangkaian kegiatannya dengan melakukan pertemuan bersama sejumlah pimpinan perusahaan dari Korea Selatan, sekaligus membuka forum bisnis VIP session di Hotel Lotte, Seoul.

Setelahnya, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan akan menuju Istana Changdeok. Untuk menghadiri upacara penyambutan kenegaraan dan selanjutnya menuju National Cemetery untuk meletakkan karangan bunga.

“Setelah upacara penyambutan secara resmi akan dilanjutkan dengan friendship talk yang diikuti oleh Presiden dan Ibu Negara kedua negara,” tutur Retno.

Bertemu dengan WNI

Dari National Cemetery, Kepala Negara dan Ibu Iriana Jokowi akan menghadiri santap siang di KBRI Seoul. Di sini juga, Presiden Jokowi akan meluncurkan Sistem Informasi Pelayanan dan Perlindungan WNI di Luar Negeri yang dinamai Portal Peduli WNI.

Setelah itu, Presiden Jokowi kemudian akan menuju Blue House untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Moon. Sejumlah penandatanganan nota kesepahaman bersama juga akan ditandatangani kedua pemerintahan.

Pada malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan kembali menuju Blue House. Untuk menghadiri jamuan makan malam kenegaraan. Lalu, seperti dikutip dari keterangan Biro Pers Istana, setelahnya akan kembali ke hotel tempat menginap selama berada di Seoul.