Bawaslu Jabar Minta Panwascam Tindak Tegas Pelanggaran Pemilu

Ilustrasi Pemilu (foto: Republika)

INFONAWACITA.COM – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Wasikin Marzuki mengimbau kepada petugas pengawas tingkat kecamatan (Panwascam) agar menindak tegas setiap pelanggaran Pemilu.

Wasikin menilai, ketegasan dilakukan tidak hanya terhadap peserta tetapi juga penyelenggara Pemilu. Selain itu, pihaknya akan menindak tegas anggota Panwascam yang menyebarkan ujaran kebencian termasuk memposting berita bohong di media sosial.

“Saya juga akan menindak tegas anggota Panwascam yang melanggar aturan, termasuk yang memposting ujaran kebencian di media sosial, agar tidak merembet ke orang lain,” ujar Wasikin seperti yang dilansir dari laman jabarprov.go Minggu, (24/12).

Terkait kegiatan Bintek yang diselenggarakan KPU Jabar, Wasikin sangat mengapresiasi. Dia menilai Bintek bukan untuk mengadu kekuatan, tetapi sebaliknya, agar PPK dan Panwascam bisa bekerja secara sinergi.

Harmonisasi Hingga TPS

“Dengan demikian, para peserta bisa saling mengenal, meminta nomor HP, berukar informasi status, dan selanjutnya menyamakan persepsi saat bertugas di lapangan,” jelas Wasikin

Dia berharap keharmonisan ini bisa diturunkan ke PPS dan PPL, serta antara petugas TPS dengan pengawas TPS. Hal ini penting, karena DPT sempurna seperti yang diharapkan bukan pekerjan ringan.

“Selain keharmonisan, kita juga membutuhkan pejuang-pejuang demokrasi dan bukan pekerja demokrasi,” tandasnya. (RA)