Bantu Promosi Wisata Daerah, Pemerintah Siapkan Rp 400 M

INFONAWACITA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menyiapkan anggaran senilai Rp 400 miliar, untuk membantu daerah mempromosikan pariwisatanya.

Dana tersebut antara lain digunakan untuk mendukung aksesibilitas penerbangan, promosi dan kerja sama. Demikian disampaikan Deputi Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana,  di sela-sela acara Lokakarya Pembangunan Kapasitas Pariwisata Asean-Korea di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (12/1).

Ditambahkannya, pemerintah juga siap membantu pembukaan rute penerbangan langsung. “Misalnya, NTB ingin buka rute penerbangan langsung dari luar negeri, jika dibutuhkan promosi Rp 1 miliar, pemerintah siap membantu Rp 500 juta,” terang Gde Pitana.

Terkait penerbangan ini, lanjutnya, Indonesia saat ini masih kekurangan 4 juta kursi penerbangan luar negeri ke Indonesia dari total target kunjungan wisatawan luar negeri yang mencapai 15 juta penumpang.Subsidi pemerintah diharapkan mampu memancing penerbangan langsung dari luar negeri ke daerahnya.

“Kita masih memiliki slot penerbangan yang kosong. Jumlahnya cukup banyak. Kalau hanya mengandalkan Bali, Surabaya dan Jakarta sudah penuh. Makanya penerbangan itu diharapkan bisa di isi daerah lain,” jelasnya.

Akses penerbangan langsung ini juga yang dikeluhkan Sekretaris Jenderal Asean-Korea Kim Young Sun, yang menjadi kendala turis Korea untuk datang ke Indonesia. “Untuk membuka penerbangan langsung itu sulit, meski sulit tetapi bukan tidak bisa, terpenting minat wisatawan Korea ke Lombok banyak,” katanya.(AR/ANT)