Bank Dunia Beri Saran Presiden Perbaiki Iklim Investasi di Daerah

INFONAWACITA.COM – Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia Rodrigo Chaves memberikan masukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperbaiki iklim investasi di daerah.

Hal ini dilakukan untuk terus memperbaiki kemudahan berusaha di Tanah Air. Saran ini disampaikan Rodrigo saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (22/11) kemarin.

Dikutip oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Bank Dunia meminta Jokowi tidak lagi fokus dalam membenahi iklim investasi di pusat. Mereka minta Jokowi agar berinovasi agar kemudahan investasi di daerah tercipta.

Selain perbaikan investasi daerah, Menkeu mengatakan, Bank Dunia juga meminta kepada Jokowi untuk meningkatkan mobilisasi dana badan usaha untuk pembangunan infrastruktur. Saran tersebut diberikan agar pembangunan infrastruktur yang dilakukan Jokowi tidak terkendala.

“Intinya supaya pembangunan bisa tetap berjalan tanpa terbebani neraca BUMN yang saat ini gencar membangun,” kutip Menkeu, seperti dilansir dari Antara.

Sementara itu Jokowi mengatakan, memang meminta pandangan dan masukan kepada Bank Dunia tentang outlook perekonomian dalam negeri.

Pasalnya, walau sudah memperbaiki kemudahan berusaha dengan menerbitkan 16 paket ekonomi sehingga peringkat kemudahan berusaha dalam dua tahun terus naik dari 109 ke 72, Jokowi mengatakan, itu semua belum cukup.

Jokowi menyatakan, ingin agar peringkat tersebut terus membaik dan investasi mengalir deras. Dia menargetkan, peringkat tersebut bisa membaik ke 40 tahun 2019 mendatang.
“Saya kira masukan seperti itu, dari lembaga mana pun penting untuk membenahi hal yang kurang,” katanya.(AR)