Bangkitkan Ekonomi, Begini Upaya Ternate Mencetak Wirausaha Baru

Kota Ternate (Foto: rri.co.id)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) terus berupaya mencetak wirausaha baru di berbagai sektor. Ini dilakukan untuk mengatasi pengangguran sekaligus mewujudkan program pengembangan Ternate sebagai pusat kegiatan ekonomi di Malut.

Seperti dikutip dari Antara, Kepala Dinas Penindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ternate, Nuriyadin A Rahaman memberi pernyataan di Ternate, Sabtu (10/2/2018).

Ia mengatakan ada sejumlah wirausaha baru yang diupayakan dan berkembang di Ternate. Di antaranya bergerak di sektor perdagangan, industri pengolahan produk pertanian dan perikanan, industri kerajian, pariwisata serta sektor jasa lainnya.

Upaya yang dilakukan

Nuriyadin mengatakan pula, untuk mendorong lahirnya usaha wirausaha baru di Ternate, Pemkot Ternate melalui berbagai instansi terkait melakukan sejumlah upaya. Seperti memberikan pelatihan dan pendampingan, juga bantuan modal usaha. Kemudian bantuan peralatan serta mencarikan jaringan pasar, seperti mengikutkan dalam kegiatan pameran di luar Malut.

Selain itu, upaya lain yang dilakukan Pemkot Ternate untuk mendorong lahirnya wirausaha baru adalah membangun infrastruktur usaha. Menurutnya, untuk wirausaha di sektor perdagangan, Pemkot membangun infrastruktur pasar, baik di pusat kota Ternate maupun di sejumlah kecamatan di daerah ini.

Nuriyadin mencontohkan, pada 2017 misalnya, Pemkot mengalokasikan anggaran Rp64 miliar lebih, semuanya diupayakan dari anggaran pemerintah pusat untuk pembangunan sejumlah pasar tradisional di Ternate. Seperti penambahan gedung Pasar Bahari Berkesan dan Pasar Gamalama serta Pasar Hiri di Kecamatan Pulau Hiri.

“Adanya pembangunan infrastruktur pasar itu, diharapkan wirausaha di sektor perdagangan di Ternate yang saat ini jumlahnya sekitar 2.600 orang, dalam beberapa tahun ke depan bisa meningkat sampai 5.000 orang, yang sebagian di antaranya diharapkan berada dalam kategori wirausaha skala menengah ke atas,” katanya.

Industri pengolahan

Khusus untuk wirausaha yang bergerak di sektor industri pengolahan produk perikanan dan pertanian, Pemkot lebih mengarahkannya pada pengolahan produk yang menggambarkan kekhasan Ternate, seperti pemanfaatan bahan baku cengkih dan pala serta ikan cakalang dan tuna.

Ia menambahkan, untuk memperluas jaringan pemasaran produk yang dihasilkan para wirausaha di daerah ini, Pemkot Ternate mendorong pemanfaatan sarana pemasaran melalui online dengan meningkatkan kapasitas jaringan internet di daerah ini.