Bali Zoo Serius Lakukan Perawatan Orangutan

Orangutan di Bali Zoo bersama seorang pengunjung. (foto: Bali Zoo)

INFONAWACITA.COM – Kebun binatang “Bali Zoo” secara serius memastikan kelestarian orangutan yang menjadi koleksinya. Pemeriksaan kesehatan menyeluruh kepada orangutan koleksi lembaga konservasi itu dilakukan agar terhindari dari penyakit.

“Kesehatan seluruh satwa merupakan prioritas termasuk satwa langka yang harus dilestarikan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bali Zoo Emma Kristiana Chandra di Singapadu, Gianyar, Bali, Sabtu (30/12/2017), seperti dilaporkan Antara.

Dokter hewan dibantu perawat di kebun binatang itu memeriksa kesehatan fisik dua orangutan yang masih berusia lima dan enam tahun yang bernama Dara dan Septi.

Selain rutin mendapatkan cek kesehatan dari dokter, satwa endemik Indonesia itu, kata dia, juga rutin mendapatkan suplemen dan vitamin setiap harinya di luar pakan setiap harinya.

Satwa yang memiliki 97 persen kemiripan DNA dengan manusia itu sangat gemar memakan buah-buahan seperti anggur merah, anggur hitam, apel, pisang dan juga jambu biji.

Sarana permainan

Sama halnya dengan anak-anak manusia, anak-anak orangutan juga sangat gemar bermain.

Untuk itu, pengelola lembaga edukasi dan konservasi satwa itu menyediakan sarana permainan untuk mengasah perilaku alamiahnya seperti memberikan karung bersih untuk berguling-guling, daun-daun yang masih ada batangnya dan juga tali yang bisa dijadikan sebagai mainan orangutan.

Selain Septi dan Dara, Bali Zoo juga memiliki tiga orangutan lainnya yakni Septo, Goval dan Jacky yang berusia 40 tahun.

Jadi daya tarik pengunjung

Kehadiran orangutan tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung di kebun binatang yang terletak di Desa Singapadu Gianyar itu.

Selama musim libur Natal dan tahun baru, rata-rata kunjungan per hari mencapai sekitar 2.500 orang. Terjadi lonjakan hampir 100 persen jika dibandingkan hari biasa.

“Hampir 60 persen pengunjung merupakan wisatawan domestik dan sisanya mancanegara,” ucap Emma. (*)