Bahkan Polisi dan Tentara Kamboja Ikut Pekikan Indonesia Merdeka!

Upacara Penaikan Bendera HUT RI 2018 di Kamboja (foto: Kemlu.go.id)

INFONAWACITA.COM – Sebanyak 40 tentara dari Brigade 911 dan Polisi Nasional Kamboja secara bersama memekikan “Dirgahayu Indonesia, Merdeka!” di halaman KBRI Phnom Penh Jumat (17/8/2018) kemarin. Pekikan Dirgahayu Indonesia itu sekaligus merupakan momen dalam memperingati HUT RI ke-73.

Uniknya, sebagian besar dari mereka yang merupakan warga negara Kamboja itu, justru mengerti dan bisa berbahasa Indonesia. Sebabnya karena telah mendapatkan pengajaran Bahasa Indonesia di Markas mereka sebelum menjalankan tugas.

“Indonesia sudah cukup banyak memberikan pelatihan pembangunan kapasitas kepada Tentara Nasional Kamboja. Hingga kini, lebih dari 5000 prajurit Paspam PM telah dilatih oleh Paspampres RI. Indonesia juga berjasa dalam pembentukan pasukan khusus Kamboja Brigade 911 yang dilatih oleh Komando Pasukan Khusus (Kopassus-red) Indonesia”, ujar Atase Pertahanan KBRI Phnom Penh Kol. Inf. Sunaryo, selaku Koordinator Upacara Bendera seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima.

Meski cuaca cukup terik, upacara itu tetap berjalan khidmat dan syahdu. Hentakan langkah tegap Pasukan Pengibar Bendera, mampu membangkitkan semangat nasionalisme para WNI yang hadir.

Anggota Paskibraka tersebut adalah mahasiswa Indonesia yang sedang melakukan studi mereka di National Polytechnic Institute of Cambodia (NPIC), yaitu Yulen Lisapaly, Ichwanus Shafa Ramadhan, Adi Sulyadi dan Edwar Herdiansyah selaku Komandan Upacara.

Sedangkan mahasiswa lainnya sebagai petugas dan bergabung dengan anak-anak Indonesia usia dini, menyanyikan lagu-lagu nasional dan perjuangan. “Saya ingin menangis saat mengibarkan Bendera Merah Putih. Tapi kami tidak boleh menangis, saya bangga dan bersyukur bisa menjadi bagian dari Paskibraka ini,” ujar Ramadhan yang akrab dipanggil Adhan itu.

“Mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya mengiringi Merah Putih berkibar di luar negeri memang sesuatu banget, saya jadi terharu…”, ucap salah satu masyarakat Indonesia yang juga hadir memperingati HUT RI ke-73 itu. (DS/zh)