Asyik, Pemerintah Berencana Berikan Diskon Tarif Tol di Jalur Mudik Lebaran 2018

Tol Ngawi-Wilangan. (foto: jatimnow.com)
Tol Ngawi-Wilangan. (foto: jatimnow.com)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah berencana memberikan diskon pada jalur-jalur tol pada mudik 2018 nanti. Pemberian diskon tersebut diharapkan dapat memecah kepadatan lalu lintas di satu jalur tol ke jalur tol yang lebih sepi.

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Bina Marga, Arie Setiadie Moerwanto dalam konferensi pers di gedung Kementerian PUPR, Jakarta pada Jumat (18/5/2018).

“Diskon tarif tol ini, teman-teman dari BPJT akan berikan diskon. Ada dua yang masih didiskusikan kapan diberlakukannya diskon tersebut,” ungkapnya.

Tujuan dari dua hal tersebut, kata Arie, ialah diskon tersebut harus dapat mengurai kepadatan di jalur tol tertentu. Dimana diharapkan diskon diterapkan pada jalur-jalur tol yang selama ini sepi peminat. “Agar beban lalu lintas terbagi sepanjang arus jalur mudik,” ujarnya.

Segera Diumumkan

Meski demikian Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zun mengungkapkan diskon tersebut masih dirundingkan dengan Badan Usaha jalan tol. Baik soal besaran diskon dan soal penerapan tarif diskon.

Diharapkan kata Herry tarif diskon ini nantinya akan mendorong penggunaan moda transportasi mudik lainnya seperti Kereta Api, Kapal Laut dan Pesawat Terbang.

“Karena kita ‘kan mendorong pemanfaatan angkutan umum seperti kereta api, pesawat dan lain-lain. Jadi diharapkan proses ini sejalan dengan itu semua,” jelasnya.

Kemungkinan, kata Herry, asosiasi Badan Usaha Jalan Tol akan mengumumkan soal penerapan diskon tersebut segera. “Mungkin minggu depan asosiasi akan umumkan besar dan pelaksanaaan diskon tersebut,” tandasnya. (DS/yi)