Asyik, Dana Bantuan Operasional Kesehatan Cair Sekitar Maret 2018!

Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan, Nina F. Moeloek saat mengunjungi Poliklinik di Nabire, Kamis (21/12). (Foto: Biro Setpers).

INFONAWACITA.COM – Targetnya, pencairan dana bantuan operasional kesehatan (BOK) terlaksana sekitar Maret 2018. Khususnya untuk 17 Puskesmas oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

“Pelayanan kesehatan yang menggunakan dana BOK ini mulai Januari. Tapi pencairannya pada Maret,” kata Kabid Bimbingan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Heri Junaidi.

Dana BOK untuk sebanyak 17 Puskesmas di daerah itu pada tahun ini sekitar Rp13,3 miliar. Mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2017 sebesar Rp8,2 miliar.

Ia menyatakan, meskipun pencairan dana BOK untuk 17 Puskesmas di daerah itu pada Maret tahun ini, tapi pelayanan kesehatan bersumber dari dana ini mulai berjalan bulan Januari.

Petugas Medis

Petugas medis di 17 Puskesmas daerah itu akan turun ke desa-desa. Tujuannya untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat. Sesuai dengan program pemerintah pusat.

Petugas medis di puskesmas di daerah itu akan melakukan penyuluhan rutin. Terkait program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

“Program ini sudah berjalan pada tahun 2017. Kini pihak Puskesmas setempat melanjutkan lagi program tersebut pada tahun ini,” ujarnya, seperti dikutip dari Antara pada Minggu (07/01).

Program STBM ini, pungkasnya, semacam pola pendekatan pada masyarakat. Untuk mengubah prilaku masyarakat tentang sanitasi dan tentang lingkungan.