Asing Boleh Investasi, Tapi Tangkap Ikan Tidak

Foto : jawapos.com

INFONAWACITA – Pemerintah Indonesia membuka peluang seluas-luasnya investasi asing di sektor perikanan. Namun investasi hanya diperbolehkan pada industri pengolahan, dan bukan penangkapan ikan.

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan investasi terbuka untuk industri pengolahan, pemasaran, dan lain-lain. “Tapi tidak untuk penangkapan karena penangkapan hanya untuk orang Indonesia,” kata Susi di acara The Economist, di Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Dia menambahkan meski asing tidak boleh menangkap ikan, di sisi lain porsi investasi asing akan diperbolehkan hingga 100%. Jauh lebih baik dibanding sebelumnya yang hanya diperbolehkan sebagai minoritas.

Menurut Susi, saat ini produksi ikan dalam negeri menunjukkan tren peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ini tak lepas dari tekad pemerintah memberantas pencurian ikan dan larangan transhipment yang diberlakukan sejak awal masa jabatannya. “Produksi ikan di dalam negeri meningkat luar biasa sejak kita perangi pencurian ikan,” kata Susi.

Susi menjanjikan pemerintah akan membenahi infrastruktur terkait sektor perikanan seperti jalan, pelabuhan, hingga pembangkit listrik untuk mendorong investasi asing masuk ke Indonesia. (TN)