Arus Mudik Sudah 80 Persen, Pemerintah Siapkan Kelancaran Arus Balik

Ilustrasi pemudik. (Kompas.com)
Ilustrasi pemudik. (Kompas.com)

INFONAWACITA.COM – Kementerian Perhubungan sudah mempersiapkan kelancaran arus balik Idul Fitri 1439 H. Terpantau saat ini sudah 80 persen arus mudik berjalan lancar hingga H-2.

“Arus mudik sampai sekarang ini sudah mencapai 80 persen, tinggal 20 persen lagi,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seperti dikutip dari dephub.go.id pada Rabu malam (13/6/2018).

Oleh karenanya, saat ini pemerintah sudah mengkoordinasikan persiapan arus balik Idul Fitri 1439H. Misalnya saja dalam arus balik dari Jawa Tengah ke Jawa Barat yang akan datang diperkirakan titik lelah pemudik ada di KM 108 sampai KM 130.

Baca juga: Jembatan Kali Kuto Gringsing Akan Dikontruksi Ulang Usai Arus Mudik

“Hari ini memang ada rapat khusus pengelolaan mudik balik. Nah kita identifikasi dari rapat kita ada kemungkinan titik lelah pemudik di arus balik dari Jawa Tengah ke Jawa Barat ada di KM 108 sampai 130,” jelas Budi.

Untuk mengantisipasi para pemudik yang lelah, di lokasi padat sudah tersedia tiga rest area bagi para pemudik untuk beristirahat. Dan direncanakan akan ditambah dua rest area lagi.

“Jadi rest area lokasi padat ada tiga di KM 186, KM 102 dan KM 130. Kita akan tambah dua lagi. Kita harus menjamin lokasi itu lebih baik. Dimana Kepolisian, Kemenhub dan Jasa Raharja akan meberikan fasilitas di titik tersebut,” imbuh Menhub. (DS/yi)