Andi Analta Tidak Kecewa Ditolak Jadi Saksi dan Sangat Yakin Ahok Tidak Bersalah

Basuki Tjahaja Purnama dengan saudara angkatnya Andi Analta Amir.

INFONAWACITA.COM – Saudara angkat Basuki Tjahaja Purnama, Andi Analta Amir mengaku tidak kecewa dengan penolakan dirinya menjadi saksi dalam sidang kasus penodaan agama oleh Majelis Hakim.

Andi Analta membenarkan pendapat hakim yang akan kesulitan menilai kesaksiannya karena kedekatan hubungannya dengan Ahok yang menjadi terdakwa.

“Nggak kecewa kok, saya selalu mengambil hikmahnya. Benar kata hakim, jika saya tetap bersaksi maka penjelasan tentang Ahok itu dikhawatirkan tidak apriori, jadinya ya seperti menggarami lautan,” kata Andi Analta pada sidang lanjutan kasus penodaan agama di Gedung Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (7/3).

Menurut Andi Analta, posisinya sebagai saksi akan digantikan Ardiansyah yang dulu pernah bekerja bersama Ahok di perusahaannya. Meski tidak bersaksi di pengadilan, namun berita acara pemeriksaan (BAP) dirinya tetap akan dibaca Majelis Hakim.

“Sesuai yang dikatakan hakim, BAP saya tetap ditindak lanjuti tetapi posisi saksi digantikan dengan orang lain. Waktu Ahok kerja di tempat saya, ada namanya Ardiansyah, dia sama-sama kerja dengan Ahok di tempat saya,” kata Andi Analta.

Awalnya, kata Andi Analta, berencana memberi kesaksian dihadapan Majelis Hakim mengenai hubungan Ahok dengan umat muslim jauh sebelum muncul tuduhan penodaan agama yang dialamatkan kepada adik angkatnya.

“Cuma mau bersaksi kedekatan saya dengan Ahok dan menegaskan tidak mungkin Ahok itu menistakan agama. Jadi mau menceritakan hubungan Ahok dengan umat muslim jauh sebelum tuduhan ini,” kata Andi Analta.

Sebelumnya, Andi Analta yang diajukan sebagai saksi meringankan oleh kuasa hukum Ahok ditolak Majelis Hakim. Penolakan ini berawal dari keberatan Jaksa Penuntut Umum (JPU) karena Andi Analta sudah pernah melihat jalannya persidangan.

Ketua Majelis Hakim, Dwiarso Budi Santiarto kemudian mengabulkan permohonan JPU. Namun BAP Andi Analta tetap diterima, tapi kesaksiannya boleh digantikan orang lain yang diajukan kuasa hukum. (DS/AK)