Amankan Pilgub 2018, Polda Jabar Terjunkan 12 Ribu Personel

Ilustrasi Pilkada Jabar (foto: nusantaranews)

INFONAWACITA.COM – Menjelang Pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2018 mendatang Kepolisian Daerah (Polda) akan menerjunkan 12 ribu personel untuk mengamankan pesta demokrasi tersebut.

Wakapolda Jabar, Brigjen Pol. Supratman mengatakan kepolisian akan berkoordinasi dengan TNI dalam pengamanan demi menjaga keamanan dan kelancaran proses demokrasi tersebut.

“Kami akan menerjukan sebanyak 12 ribu personel dalam pengamanan Pilkada Jabar,” tegas Wakapolda Jabar dalam jabarprov.go.id Sabtu (23/12).

Supratman mengatakan lima bulan menjelang perhelatan Pilgub dan Pilkada serentak, 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat masih kondusif.

Dengan demikian, ia mengajak seluruh masyarakat Jabar dari semua komunitas dan paguyuban agar tetap menjaga kondisi keamanan dan ketertiban hingga Pilkada usai.

Ia tak menampik jika kondisi saat ini relatif bisa berubah. Apalagi saat memasuki kampanye dan pelaksanaan pemungutan suara.

Jabar Masuk Zona Rawan 

Soal anggapan yang menyebutkan Jabar masuk zona rawan dalam Pilgub 2018, Brigjen Supratman juga tak membantahnya. Sebab parameter terdekatnya adalah jumlah warga dan DPT Jabar tertinggi di Indonesia.

Lebih jauh Wakapolda mengajak seluruh masyarakat untuk tidak terlalu underestimate terhadap Pilgub Jabar.

Sebab jika dikemas dengan baik dan didukung penyelenggara, pemerintah, peserta Pilkada dan pemilihnya, maka Pilkada serentak 2018 di Jawa Barat akan berlangsung dengan aman dan lancar.

“Jangan terlalu meremehkan Pilgub Jabar. Justru peran aktif dari seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan demi kelancaran pelaksanaan Pilkada Jabar,” tandasnya. (RA/HG)