Airbus A350-1000 Uji Terbang Perdana

INFONAWACITA.COM -Pesawat Airbus A350-1000 untuk pertama kalinya melakukan uji terbang. Pesawat dengan nomor seri MSN059 merupakan satu dari tiga pesawat yang dikhususkan untuk program pengembangan seri baru Airbus.

“Hari ini kita menyaksikan pesawat A350-1000, beraksi secara langsung untuk pertama kalinya. Saya menyampaikan selamat dan terima kasih yang mendalam pada seluruh anggota tim yang telah berkontribusi mewujudkan pencapaian hari ini,” kata Presiden dan CEO Airbus Fabrice Bregier dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (25/11).

Uji terbang perdana dilakukan di Bandara Toulouse-Blagnac, Perancis pada pukul 15.00 waktu setempat. Uji terbang ini berlangsung dalam waktu empat jam delapan belas menit. Dalam keterangannya, Fabrice menyatakan program uji terbang yang berlandaskan pengalaman serta kematangan program A350-900, tiga unit pesawat khusus akan melewati seluruh rangkaian uji terbang dalam kurun waktu kurang dari setahun.  “Progres berjalan sesuai dengan rencana untuk resmi beroperasi pada paruh kedua 2017,” katanya.

Fabrice menambahkan, kru yang bertugas di kokpit untuk uji terbang tersebut terdiri dari Pilot Uji Eksperimental Hugues Van Der Stichel dan Frank Chapman, serta Insinyur Uji Terbang Gerard Maisonneuve.

Airbus A350-1000 Dimotori oleh mesin baru Rolls-Royce Trent XWB-97, unit pertama A350-1000 ini terbang di atas kawasan barat-daya Perancis. Sepanjang penerbangan, para awak kru pesawat yang bertugas menguji dan mengamati secara menyeluruh batas-batas penerbangan (flight envelope) dan penanganan pesawat tersebut.(ANT/AR)