Ahok Target Jakarta Ramah Bagi Penyandang Disabilitas Tahun 2018

INFONAWACITA.COM – Gubernur Non Aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menargetkan Kota Jakarta menjadi kota ramah bagi penyandang disabilitas pada tahun 2018. Untuk mewujudkan rencana ini, kata Ahok, pembangunan fasilitas umum di Jakarta akan mempertimbangkan kebutuhan para penyandang disabilitas.

Ahok mencontohkan renovasi trotoar di seluruh Jakarta yang diharapkan akan membuat penyandang tunanetra bisa nyaman dan aman menggunakan trotoar.

“Kami kan lagi rapihkan trotoar, semua blok harus ada penuntun kuning, kalau dulu kan suka tabrak pohon, tabrak tiang, masih ada yang belum beres, kita lagi beresin terus,” kata Ahok saat blusukan di Balekembang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (23/1).

Selain itu, Ahok juga menargetkan semua lampu lalu lintas penyeberangan dilengkapi dengan suara untuk memudahkan penyandang tunanetra untuk menyeberang jalan.

“Kita juga pengen semua lampu penyeberangan itu ada suaranya, karena buat yang tunanetra kan dia gak bisa lihat, jadi itu harus ada suaranya, jadi pas mau selesai detiknya, suaranya makin kencang,” kata Ahok.

Menurut Ahok, semua fasilitas umum tersebut akan dirancang seperti kota elit di Jepang, Tokyo. “Kita standarnya mau ikut Tokyo nih, jadi ketika atlet Asian Games dateng dia udah liat Jakarta, gak beda sama Tokyo lah,” kata Ahok. (DS/AK)