Ahok Galang Dana Untuk Korban Gempa Aceh.

INFONAWACITA.COM – Calon Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berhasil menggalang dana yang akan disumbangkan untuk korban bencana gempa bumi di Provinsi Aceh.

Dilansir dari laman www.viva.co.id, penggalangan dilakukan melalui gala dinner yang diselenggarakan di sebuah restoran di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (22/12) malam.

Menurut Ahok, gala dinner ini merupakan acara pertama di masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017 yang tidak bertujuan untuk mengumpulkan dana kampanye Ahok-Djarot, namun penggalangan dana untuk korban gempa Aceh.

Sebelumnya, Ahok telah menggelar 32 gala dinner yang bertujuan untuk mengumpulkan dana kampanye sejak masa kampanye resmi dimulai pada 28 Oktober 2016. Mekanisme pengumpulan dana seperti itu diakhiri pada Selasa, 20 Desember 2016, setelah dana yang terkumpul dianggap cukup dan telah dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI. Dana mencapai total Rp48 miliar.

“Kami sudah mentok gala dinner untuk mengumpulkan dana kampanye. Jadi kami ubah untuk bantu saudara kita di Aceh,” ujar Ahok di Jakarta, Kamis (22/12).

Tarif yang diterapkan dalam penggalangan dana untuk korban Aceh ini mulai dari Rp1.000.000, Rp2.500.000 hingga Rp5.000.000. Besaran tarif menentukan kedekatan tempat duduk peserta dengan Ahok. Tarif tertinggi yakni Rp5.000.000 dibayar oleh mereka yang duduk satu meja dengan Ahok.

Menurut Ahok, dana yang terkumpul akan segera ditransfer ke rekening donasi bantuan korban gempa.

Ahok mengatakan, acara serupa akan ia gelar juga bersama masyarakat kampung halamannya di Bangka Belitung pada Januari 2017.

Ahok berharap calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI lainnya bisa mencontoh bentuk penggalangan dana untuk bantuan ini. (SL)