Ada 34 Yacht dan Satu Kapal Pesiar Asing Datangi Sabang, Mau Apa, ya?

Ilustrasi Kapal Yacht. (Foto: fineartamerica.com/Mary Helmreich)
Ilustrasi Kapal Yacht. (Foto: fineartamerica.com/Mary Helmreich)

INFONAWACITA.COM – Terjadi peningkatan signifikan pada triwulan pertama 2018 ke kota Sabang (Pulau Weh). Peningkatan itu terkait kunjungan kapal layar atau “yacht” dari beberapa negara sebesar 21 persen.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Sabang, Anton Helistiawan menyatakan, sebanyak 34 kapal wisata yacht asing melakukan kunjungan ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Terhitung sejak Januari hingga Maret 2018.

“Berdasarkan data keimigrasian, Oktober hingga Desember 2017, sebanyak 27 kapal wisata yacht bekunjung ke Sabang. Pada triwulan pertama 2018, Kota Sabang kedatangan 34 kapal yacht,” katanya.

Dia menguraikan, ke-34 kapal yacht yang berkunjung ke pulau terluar paling ujung barat Indonesia tersebut, satu di antaranya kapal pesiar. Untuk itu, jumlah wisatawan keseluruhan sebanyak 1.071 orang.

“Kedatangan kapal pesiar ke Sabang tujuannya untuk berwisata dan wisatawan itu didominasi dari Australia, Amerika Serikat, Eropa. Sebagian Afrika dan Asia,” urainya.

Anton menyampaikan, meningkatnya kunjungan kapal yacht ke Sabang juga berdampak terhadap perpanjangan izin tinggal kunjungan.

Kantor Imigrasi Kelas II Kota Sabang telah memberikan izin tinggal kunjungan kepada 74 wisatawan asing.

Kantor Imigrasi Kelas II Kota Sabang juga telah memberikan Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) 8 orang. Serta Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP) 9 orang.

“Tujuannya beragam. Diantaranya berwisata, bekerja. Bahkan ada yang investasi atau penanaman modal. Serta kemudian ada juga penyatuan keluarga karena perkawinan campuran,” jelasnya.

Sabang Marine Festival

Kepala Unit Kepelabuhanan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Zulkarnaini Abdullah membenarkan, pada triwulan pertama 2018 sebanyak 34 kapal yacht telah berkunjung ke Sabang. Satu diantaranya kapal pesiar.

“Syukur Alhamdulillah, kunjungan kapal yacht terus meningkat ke Sabang. Januari hingga Maret 2018 sebanyak 34 kapal yacht sudah datang ke Sabang dengan tujuan berwisata. Dan April ini, ada dua lagi kapal yacht yang datang ke Sabang,” katanya, seperti dilansir dari Antara.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing, BPKS akan menggelar Sabang Marine Festival (SMF). Berlangsung dari 26 hingga 30 April 2018. SMF juga sudah menjadi agenda tahunan dari BPKS.