5 Gaya Nyantai Jokowi Saat Nonton Konser

Salah satu gaya Jokowi nonton konser rock beberapa waktu lalu. (Foto: fasterlouder.junkie.com)

INFONAWACITA.COM – Sejak masih menyandang jabatan sebagai Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) sudah gemar nonton konser. Gaya Jokowi saat nonton konser sangat kasual, bahkan jauh dari kesan seorang pejabat, dan tak bersekat dengan penonton lain.

Hingga saat menjadi Presiden Republik Indonesia, kegemaran Jokowi nonton konser pun masih terus berlanjut. Tetapi tak hanya sekadar nonton konser, kehadiran Jokowi di konser juga ingin mendorong industri kreatif Indonesia agar lebih maju.

“Sebab apapun industri kreatif itu telah menjadi kekuatan kita. Kalau kita tidak tahu lapangannya, enggak tahu pasar, dari mana kita mau buat kebijakan?” ujar Jokowi beberapa waktu lalu kepada media usai menonton konser musik.

Pengen tahu gaya Jokowi nonton konser? Ini dia lima di antaranya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Nonton Lamb of God: Saat masih menjabat jadi Walikota Solo, Jokowi sempat berangkat ke Singapura untuk menonton konser grup rock Lamb of God. Ini adalah salah satu grup band yang digemari Jokowi.

“Saya suka semua jenis musik rock. Metallica, Lamb of God. Sebut saja,” kata Jokowi seperti dikutip dari Harian Solopos. Dalam foto bertanggal 20 Februari 2012 yang beredar di forum internet, Jokowi dan beberapa orang tampak berfoto bersama dengan latar belakang panggung Lamb of God. Jokowi datang dengan kemeja kotak-kotak dengan kancing terbuka, serta kaos hitam sebagai dalaman, dilengkapi dengan celana jeans biru.

Foto Jokowi bersama beberapa orang saat tengah menonton konser Lamb of God beredar di dunia maya. (Foto: kompasiana)

Jokowi mengaku membeli tiket konser Lamb of God seharga SGD 140 (sekitar Rp 1 Juta nilai Rupiah saat itu). “Itu harga yang paling murah. Nontonnya di kelas lapangan kan enaknya menikmati musik rock memang seperti itu,” terangnya.

 

Nonton Java Rockin’ Land: tahun 2013 saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi tertangkap kamera tengah nonton konser Java Rockin’ Land, di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta. Kala itu, band rock /rif yang sedang tampil di atas panggung. Mengetahui Jokowi ada di antara kerumunan penonton, /rif hingga menghentikan permainannya dan memohon kepada Jokowi untuk naik ke atas Panggung.

Jokowi saat nonton konser Java Rockin’ Land 2013 di Pantai Carnaval Ancol. (Foto: jurnalpatrolinews.com)

“Pak Jokowi naik ke atas panggung, Pak! Jika Bapak Jokowi bisa naik ke atas panggung, untuk kasi semangat buat rocker-rocker Jakarta, bikin Jakarta lebih nyaman,” sambung Andy /rif. Sambil menunggu Jokowi naik ke atas panggung, /rif pun memainkan lagu andalannya ‘ Lo Toe Ye‘.

 

Nonton Konser Slank : April 2017 lalu, seusai kunjungan kerja ke Filipina pada 28-29 April, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Hong Kong. Di Hong Kong, Jokowi bertemu ribuan warga negara Indonesia (WNI) yang sebagian besar merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI).

Bersama para TKI di Hong Kong, Presiden Jokowi menikmati konser Slank pada April lalu. (Foto: ksp.go.id)

Presiden juga menikmati konser grup musik Slank saat itu. Tampak Jokowi amat rileks saat Slank membawakan berbagai lagu. Bahkan Jokowi tak segan bertepuk tangan mengikuti ajakan Kaka, sang vokalis.

 

Nonton We The Fest: 11 Agustus 2017, Presiden Jokowi di luar agenda resmi kenegaraan menghadiri perhelatan festival musik We The Fest di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jokowi menyapa penonton di We The Fest, Agustus 2017 lalu (Foto: tribunnews.com)

Karena mendadak, kedatangan Presiden Jokowi pun langsung menarik perhatian penonton konser yang sebagian besar anak muda. Presiden Jokowi terlihat santai, ia hadir dengan mengenakan kaus lengan panjang abu-abu biru tua bertuliskan nama festival musik tersebut, We The Fest.

Meski mengaku tak tahu siapa yang tampil, Presiden Jokowi mencermati acara hingga selama kurang lebih satu jam. Presiden Jokowi mengatakan, industri kreatif mesti digarap dengan baik karena menjadi jadi salah satu kekuatan Indonesia.

“Ya, generasi milenial seperti apa, supaya dapat antisipasi kebijakannya. Kemudian persiapan ke depan bisa kita lakukan. Kalau kita enggak lihat lapangan, enggak tahu pasar. Dari mana kita mau buat kebijakan. Bisa keliru loh,” ujar Presiden Jokowi.

 

Nonton Synchronize Fest: Paling baru, Presiden Jokowi tampak menghabiskan akhir pekan dengan menyambangi festival musik Synchronize Fest di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Sabtu (7/10).

Presiden Jokowi tampil santai di acara Synchronize Fest 2017, Sabtu (7/10). (Foto: CNNIndonesia)

Jokowi datang sekitar pukul 19.00 WIB ke lokasi acara. Ia tiba saat penyanyi senior Ebiet G. Ade tampil di salah satu panggung. Jokowi langsung menyaksikan penampilan Ebiet sambil berdiri dan ikut bernyanyi dengan ribuan penonton lain.
Setelah menonton penampilan Ebiet, Jokowi bergerak menuju dua panggung besar lain. Hujan sempat turun ketika ia menuju ke lokasi selanjutnya.

Banyak pengunjung Synchronize Fest memprediksi Jokowi akan melihat penampilan Deadsquad, band metal asal Daerah Istimewa Yogyakarta. Perkiraan tersebut terbukti benar. Tepat pukul 19.45 WIB, Deadsquad tampil dari atas panggung di tepi sungai. Jokowi pun menyaksikan penampilan band itu dari jarak jauh. “Terima kasih Pak Presiden Jokowi yang sudah menyaksikan penampilan kami,” kata vokalis Deadsquad Daniel Mardhany dari atas panggung.

Jokowi membalas sapaan band metal tersebut dengan mengacungkan tiga jarinya membentuk lambang metal ke atas. Ia terpantau menikmati penampilan Deadsquad ditemani Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.(AR)