5 Ekpresi Bahagia Warga Pedalaman Papua Saat Merasakan Sentuhan Cahaya Modern

(foto: Kementerian ESDM)

INFONAWACITA.COM – Selama 73 tahun merdeka, warga pedalaman Papua terabaikan. Dibiarkan hidup dengan pelita, mereka tak tersentuh penerangan cahaya modern. Meski demikian, di pemerintahan Jokowi-JK kini mereka bisa merasakan sedikit keadilan energi.

Bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) terus digelontorkan pemerintah ke kampung-kampung terdalam sekalipun. Misalnya pada 11 Agustus lalu, pemerintah memberikan bantuan LTSHE kepada warga Distrik Puldama, Kabupaten Yahukimo.

Berikut foto keceriaan mereka yang akhirnya baru menegtahui penerangan modern selama hidup di wilayah terpencil.

1.Paket LTSHE

(foto: Kementerian ESDM)

Setidaknya ada 1.085 paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) yang diprioritaskan untuk warga pedalaman Papua. Warga Distrik Puldama misalnya, mereka tampak bersemangat membopong paket lampu LTSHE untuk dipasangkan di hanoi mereka.

2. Rumah Hanoi Kini
(foto: Kementerian ESDM)

Sedikit sentuhan modern kini menghiasi rumah-rumah Hanoi di Papua. Sebuah tiang yang berfungsi menyerap energi panas matahari berada di atap-atap rumah-rumah warga. Nantinya, tiang-tiang tersebut menyimpan energi untuk disalurkan pada penerangan rumah mereka.

3. Keluarga Papua Bebas ISPA
(foto: Kementerian ESDM)

Hanya memiliki pelita sebagai penerangan tentunya menjadi ancaman bagi setiap keluarga di Papua. Meski demikian, kini mereka terselamatkan dari ancaman ISPA berkat bantuan LTSHE. Anak-anak Papua tidak usah merasakan sesak nafas lagi karena api pelita di dalam rumah hanoi mereka.

4. Pria Papua Tampak Bangga Miliki LTSHE
(foto: Kementerian ESDM)

Salah seorang pria Papua di pedalaman distrik Puldama tampak bangga memiliki LTSHE di dalam rumahnya. Rumah mereka pun bebas dari ancaman kebakaran yang selama ini menghantui warga karena penerangan pelita.

5. Keluar Malam
(foto: Kementerian ESDM)

Dahulu beraktifitas malam di luar kampung sangat mustahil di temui di pedalaman-pedalaman Papua. Namun semenjak memiliki LTSHE, keluar kampung pada saat malam merupakan hal yang mungkin. LTSHE yang bisa di lepas dan dibawa kemana-mana membuat pria-pria dewasa Papua bisa melakukan aktivitas saat gelap. (DS/yi)