5 Anggota ISIS Ditahan Terkait Teror di Istanbul

INFONAWACITA.COM – Lima orang anggota kelompok garis keras ISIS, ditangkap kepolisian Turki di barat Izmir. Penangkapan kelimanya terkait dengan serangan teror di Klub Reina, pada perayaan tahun baru, yang menewaskan 39 orang, demikian laporan Kantor Berita Anadolu, Rabu (4/1).

Sebelumnya, Anadolu juga melaporkan sedikitnya 14 orang sudah ditahan terkait serangan brutal tersebut. Sementara itu, NTV melaporkan, dua orang warga negara asing juga ditangkap di Bandara Istanbul, Ataturk.

Kelompok ISIS mengklaim sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan brutal di sebuah klub malam di Istanbul tersebut. Namun, ISIS tidak memberikan bukti cukup atas klaim tersebut. Sementara itu, hingga kini pria bersenjata tersebut masih buron. Media setempat sebelumnya juga menyebutkan, terduga pelaku penyerangan adalah seorang warga Kyrgyztan berusia 28 tahun. Demikian dikutip dari media lokal Turki.

Berdasarkan laporan media setempat, tersangka pelaku penyerangan diduga masuk ke Turki pada bulan November, kemudian menetap di pusat kota Konya. Namun hingga kini otoritas Turki belum secara terbuka mengidentifikasi laki-laki bersenjata pelaku penyerangan, sementara polisi membantah informasi tentang adanya paspor Kyrgyztan yang beredar di media Turki adalah milik pria bersenjata tersebut. Demikian dilansir dari Telegraph.(AR/ANT)