Wajib Tahu, Ini Lima Hal Alasan Medsos Pengaruhi Kesehatan Mental

Bijak mengunakan media sosial (Foto: Hallosehat)

INFONAWACITA.COM – Media sosial (medsos) yang kita gunakan setiap hari tidak hanya menawarkan sisi positifnya saja. Tapi juga memiliki sisi negatif. Terlebih lagi jika digunakan setiap hari. Hal ini akan menimbulkan dampak-dampak negatifnya, termasuk dapat mempengaruhi kesehatan mental.

Berikut ini lima alasan mengapa media sosial mampu memengaruhi kesehatan mental secara negatif.

1. Tidak Percaya diri
Tidak percaya diri karena medsos

Rasa tiak percaya diri ini bisa dilihat melalui berbagai tanda. Misalnya saja selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain melalui akun media sosialnya. Lalu menganggap setiap postingan milik orang lain lebih sempurna.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Copenhagen menemukan fakta bahwa banyak orang menderita ‘Facebook Envy‘. Sedangkan, mereka yang tidak menggunakan media sosial terkenal seperti Facebook, mengaku merasa lebih puas dengan kehidupannya.

“Ketika menempatkan nilai diri di atas perbandingan orang lain, artinya kita meletakkan kebahagiaan dalam sebuah variabel yang benar-benar di luar kendali,” ujar Tim Bono, pengarang buku When Likes Aren’t Enough, pada Healthista seperti yang dikutip dari Nationalgeographic.co.id pada Jumat (20/4/2018).

Untuk itu, solusinya adalah pengaturan jumlah waktu yang digunakan untuk menelusuri profil seseorang di media sosial. Dengan ini, bisa membantu untuk lebih fokus terhadap diri sendiri dan meningkatkan kepercayaan diri.

2. Sulit Menjalin Hubungan 
Sulit menjalin hubungan karena medos

Sebagai manusia, penting bagi kita untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan personal dengan orang lain. Namun, ini sulit dilakukan apabila kita selalu terikat dengan layar gadget.

Stina Sanders, mantan model yang memiliki 107 ribu pengikut di Instagram menjelaskan, bagaimana sebenarnya media sosial membuatnya justru terkadang merasa ditinggalkan.

“Saya sadar mengalami FOMO (Fear Of Missing Out) ketika melihat foto teman-teman di sebuah pesta yang tidak saya datangi, membuat saya kesepian dan cemas,” kata Sanders kepada The Independent.

Studi yang dipublikasikan pada American Journal of Epidemiology juga menemukan fakta bahwa penggunaan Facebook memiliki dampak negatif pada kesejahteraan mental individu.

3. Rendahnya Memori
Rendahnya memori karena medsos

Media sosial bisa menjadi cara terbaik untuk mengingat kenangan dan menceritakan kembali bagaimana peristiwa masa lalu bisa terjadi. Namun, itu mendistorsi cara kita mengingat bagian-bagian kecil dalam hidup.

Kebanyakan dari kita merasa bersalah karena menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menangkap sebuah idealisasi. Sehingga tidak menikmati hidup dengan kedua mata kita sendiri.

“Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melihat handphone, mengurangi aspek-aspek lain dalam pengalaman. Sehingga merusak kebahagiaan yang sebenarnya bisa didapat dari sana,” tambahnya.

4. Kurang Tidur
Kurang tidur karena medsos

Tidur cukup merupakan hal penting bagi kesehatan. Namun, banyak orang yang memainkan telepon genggamnya sebelum tidur sehingga sulit terlelap.

“Kecemasan dan rasa iri yang berasal dari media sosial membuat otak ‘terjaga’, mencegah kita untuk tertidur,” jelas dr. Bono.

“Selain itu, cahaya dari gadget juga menghambat produksi melatonin, hormon yang membuat kita merasa lelah,” tambahnya.

Untuk itu, biasakan untuk tidak menyentuh handphone. Setidaknya 40 menit sebelum tidur. Lalu, lihat perbedaannya, apakah cara itu bisa membuat Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik?

5. Kecemasan dan depresi
Depresi karena medsos

Tidak hanya terbukti menimbulkan ketidakbahagiaan, media sosial diketahui sebagai penyebab penyakit mental. Seperti kecemasan dan depresi apabila digunakan secara berlebihan.

Berdasarkan survei pada seribu orang, dilaporkan bahwa lebih dari sepertiga generasi Z memutuskan untuk berhenti menggunakan media sosial. Sebanyak 41% menyatakan bahwa platform media sosial justru membuat mereka merasa cemas, sedih, dan tertekan. (RA/zh)