3 Perintah Jokowi kepada Tito Karnavian

foto: setkab.go.id

INFONAWACITA – Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Tito Karnavian menjadi Kepala Kepolisian RI (Polri) yang baru pada Rabu kemarin. Karena itu, Tito resmi menyandang pangkat jenderal bintang empat.

Usai pelantikan itu, Presiden Jokowi memerintahkan Tito untuk mengutamakan agenda reformasi secara menyeluruh di Polri. Dengan demikian, terbentuk karakter personel polisi yang berintegritas dan sanggup melayani masyarakat dengan baik.

Berikut beberapa catatan mengenai perintah Jokowi kepada Tito setelah dilantik seperti dikutip situs resmi Sekretariat Kabinet:

Pertama, reformasi mesti dimulai dari proses rekrutmen hingga perubahan mental serta perilaku semua anggota Polri. Kedua, reformasi dalam bidang pelayanan sehingga pelayanan lebih mudah, sederhana, bebas pungutan liar dan sesuai prosedur.

Ketiga, Tito diminta menjaga kesatuan dan soliditas Polri, memberantas mafia hukum, menjaga keberagaman masyarakat dan mampu bekerja sama dengan lembaga lain. Kerja sama itu antara lain bertujuan untuk mencegah bahaya terorisme dan narkoba.

Jokowi meyakini reformasi Polri secara menyeluruh adalah kunci untuk masa depan. [TN]