2017, KPK Lakukan OTT Terbanyak dalam Sejarah

INFONAWACITA.COM – Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang telah dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama tahun 2017 adalah yang terbanyak sepanjang sejarah. Hal ini dijelaskan Wakil Pimpinan KPK Basaria Pandjaitan dalam konferensi pers kinerja komisi pemberantasan korupsi tahun 2017.

Setidaknya selama tahun 2017 Basaria mengungkapkan jika selama 2017 KPK telah melakukan 19 OTT.

“Jumlah kasus tangkap tangan di tahun 2017 ini telah melampaui tahun sebelumnya dan
merupakan terbanyak sepanjang sejarah KPK berdiri,” kata Basaria di Gedung KPK pada Rabu (27/12).

Dari 19 kasus tersebut, KPK telah menetapkan 72 orang sebagai tersangka dengan beragam profil tersangka, mulai dari aparat penegak hukum, anggota legislatif hingga kepala daerah. Jumlah tersebut belum termasuk tersangka yang ditetapkan
kemudian dari hasil pengembangan perkara.

Ketua KPK Agus Rahardjo menjelaskan jika pengadian dari masyarakat menjadi sumbangsih terbesar dalam OTT. Maka dari itu, kata Agus, OTT di Jawa Timur jumlahnya lebih besar.

“Oleh karena itu kita ajak masyarakat di Indonesia jika punya data dan informasi laporkan saja ke KPK kita akan follow up,” kata Agus usai konferensi pers.

Kasus Penyuapan Mendominasi

Setidaknya data KPK menunjukan dari seluruh kasus penindakan korupsi yang sudah dilakukan KPK sepanjang 2017 ini kasus penyuapan menjadi yang terbesar yakni sejumlah 93 perkara. Kemudian diikuti dengan pengadaan barang/jasa sebanyak 15 perkara, serta TPPU sebanyak 5 perkara.

Sedangkan jika dilihat dari segi jabatan setidaknya pejabat eselon I hingga IV mendominasi dalam perkara korupsi 2017. Dimana totalnya mencapai 43 perkara dan 27 perkara melibatkan swasta serta 20 perkara melibatkan anggota DPR/DPRD. Selain itu, terdapat 12 perkara lainnya yang melibatkan bupati/wali kota dan wakilnya. (DS/yi)