19,7 Juta Siswa akan Terima Kartu Indonesia Pintar

INFONAWACITA.COM – Pemerintah pada tahun 2017 ini akan memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 19,7 juta siswa di seluruh Indonesia. KIP adalah salah satu bagian dari program pemerintah untuk pemerataan ekonomi.

Kementerian Keuangan, akhir pekan lalu merilis, sasaran KIP yang anggarannya bersumber pada APBN 2017 adalah 19,7 juta siswa. Untuk siswa SD yang disasar, akan mendapatkan Rp 450.000 per siswa per tahun. Kemudian siswa SMP adalah Rp 750.000 per siswa per tahun, serta untuk siswa SMA adalah Rp 1 juta per siswa per tahun.

Sebelumnya, dalam kunjungan kerja ke Pekalongan, Presiden menyatakan bahwa KIP adalah salah satu cara pemerintah melakukan pemerataan ekonomi. “Kartu-kartu ini kita bagi, karena kita ingin memberikan pemerataan ekonomi dan memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia supaya semuanya mendapatkan manfaat dari kartu-kartu yang diberikan termasuk yang ada di Pekalongan ini,” kata Presiden saat menyerahkan Kartu PKH dan Bantuan Non-Tunai di Lapangan Masjid Al-Djunaid, Kelurahan Pringrejo, Kecamatan Bumirejo, Kota Pekalongan.

Sementara itu, Kementerian Keuangan juga merilis bahwa tahun 2017 ini dialokasi anggaran untuk bantuan Bidik Misi kepada 362.700 mahasiswa, dengan perincian dialokasikan ke perguruan tinggi sebesar Rp 2,4 juta per mahasiswa per semester, serta ke mahasiswa sebesar 3,9 juta per mahasiswa per semester. Pemerintah juga mengalokasikan anggaran untuk bantuan operasional sekolah, disasar 46,2 juta siswa SD/SLB, SMP/SMPLB/SMPT, SMA/SMK, serta 8,5 juta bagi siswa MI dan MTs.

Kementerian Keuangan juga mengalokasikan anggaran rehabilitasi 81.879 ruang kelas untuk sekolah seluruh Indonesia, serta tunjangan profesi 1,3 juta guru PNS Daerah, tunjangan khusus 41.600 guru PNS Daerah di daerah khusus, serta tunjangan sertifikasi bagi 102.700 dosen. Alokasi anggaran pendidikan tahun 2017 ini sudah memenuhi amanat Pasal 31 ayat (4) UUD 1945, yaitu 20 persen dari APBN. (AR/*)